Pembelajaran STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kognitif Anak Usia Dini

Authors

  • Atas Miharini Universitas Negeri Malang
  • Imron Arifin Universitas Negeri Malang
  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21154/wisdom.v6i2.12461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran STEAM dalam meningkatkan literasi sains dan perkembangan kognitif anak usia dini. Metode penelitian yang akan digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 4 anak kelompok B (AL, CA, NO, dan VI), 1 guru kelompok B (SU), dan kepala sekolah TK PKK Sumberboto 03 (AS). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan  triangulasi dataMilles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEAM berdampak positif pada perkembangan anak usia dini dengan meningkatkan rasa ingin tahu, keberanian bertanya, dan keterampilan berpikir kritis melalui metode interaktif dan eksploratif. Pendekatan ini juga memperkuat literasi sains, pemecahan masalah, serta kreativitas dengan mengintegrasikan teknologi, teknik, seni, dan matematika dalam aktivitas berbasis proyek.

Downloads

Published

2025-11-28

Issue

Section

Articles