Keefektivan Pembelajaran Secara Online Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak

Sri Wahyuni(1*)

(1) IAIN Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


The problem in this research is that in the online learning process the teacher
cannot monitor the physical development of the child's motor skills, because children study
at home and at home, the children cannot freely leave the house to play or go recreation.
As a result, many parents think that playing cellphones is the main solution. The purpose
of this study was to determine the effectiveness of online learning on motoric physical
development. The benefits of this research are expected to provide insight, both
theoretically and practically, for researchers in accordance with the focus of the research
being carried out. This research is a descriptive study, while the research information is a
source of reference as well as previous research. Data collection was carried out by means
of observation, interview and documentation techniques. The instrument used by the
researcher was a physical motor indicator. Data analysts use an interactive analysis model
by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of
research on children's physical motor development during online learning have decreased.


Keywords


Effectiveness, Online Learning, Physical Motor Development

Full Text:

PDF

References


“Buku Ajar Metode Perkembangan Fisik Anak Usia Dini - Google Books.”dalam https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Metode_Perkembangan_Fisik_Anak/lUP2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=perkembangan+fisik&printsec=frontcover, (diakses pada tanggal 6 desember 2021, jam 16.17).

Fauziddin, Moh. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B Di TK Perdana Bangkinang Kota.” Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE) 1, no. 1 (18 Februari 2018). 1–12.

Hamdani, Acep Roni, dan Asep Priatna. “Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6, no. 1 (27 Juni 2020). 1–9..

“Hasil Pencarian - KBBI Daring.” dalam https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/belajar. (diakses pada tanggal 6 desember 2021, jam 16. 20).

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia.” dalam https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-baru-di-masa-covid19. (diakses pada tanggal 2 desember 2021, jam 16.30).

Khadijah, dan Nurul Amelia. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada Media, 2020.

Ita. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur." Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 2 No 1 (2018).

Miskawati, Miskawati. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain Di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 9, no. 1 (22 April 2019). 45–54..

“Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan - Google Books.” dalam https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Daring_untuk_Pendidikan_Teo/iuz4DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran+daring&printsec=frontcover. (diakses pada tanggal 6 desember 2021, jam 16.35).

“Pembelajaran Daring Yang Efektif: Prinsip Dasar, Pengembangan, Desain, Dan ... - Google Books.” dalam https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Daring_Yang_Efektif_Prinsip/UjE7EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran+daring&printsec=frontcover. (diakses pada tanggal 6 desember 2021, jam 17.00).

“PERKEMBANGAN MOTORIK AUD - Google Books.” dalam https://www.google.co.id/books/edition/PERKEMBANGAN_MOTORIK_AUD/V90WEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=perkembangan+fisik&printsec=frontcover. (diakses pada tanggal 6 desember 2021, jam 17.12).

“permendikbud_137_14_lampiran01.pdf.” dalam https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_137_14_lampiran01.pdf. (diaskes pada tanggal 2 desember 2021, jam 15.17).

Rismayanthi, Cerika. “Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 9, no. 1 (1 April 2013). 89-97.




DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.2844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

   


___________________________________________________________

Diterbitkan oleh:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: wisdom@iainponorogo.ac.id