Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengajaran Fikih Ekologi Pada Anak Usia Dini

M Fathurahman(1*)

(1) IAIN Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is a library research, with the title Cultivating Environmentally Concerned Characters through Teaching Ecological Jurisprudence in Early Childhood. This research uses library materials as the main data source, and the main references in this research are ecological and Islamic books, character education and books on early childhood. The purpose of this study is combining two materials at once, namely environmental fiqh material and its role in shaping the character of early childhood. The results showed. First, environmental damage or the current ecological crisis is not actually due to ecological succession factors. However, the damage occurred precisely because of an anthropogenic disaster by human activities. Second, in environmental fiqh it contains material that is very important to study, namely maqoshidu shari'ah, especially hifdzu al-bi'ah. Thirdly, environmental care character is very urgent, especially given to early childhood, and for now studying this section is an obligation.

Keywords


Ecological Jurisprudence, Environmental Care Character, Early Childhood

Full Text:

PDF

References


Ade Fadli. Pendidikan Lingkungan Hidup: Bukan Untuk Pembebanan Baru Bagi Siswa. http://timpakul.web.id /plh-4.html

Cahyaningrum, E.S., Sudaryanti, Purwanto, N.A, (2017) Pengembangan Nilai-Nilai karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan, Jurnal Pendidikan Anak, 6 (2)

Djazuli dan Nurol Aen. 2000. Ushul Fiqh (Metodologi Hukum Islam), Jakarta: PT. Rajagrafindo

Dwi Purwati. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Dwijacendekia. 1 (2)

Fathurahman, M. 2016. Agama dan Ego Orang tua (Telaah Kritis atas Spontanitas Anak Dalam Pendidikan Keluarga), Jurnal Cendekia, 14 (2)

Ghufron, A dan Saharudin. 2007. Islam dan Konservasi Lingkungan (Telaah Pemikiran Fikih Lingkungan Yusuf al-Qaradhawi). Jurnal Millah. 6 (2)

Ghurfon, M. 2010. Fikih Lingkungan, Jurnal al-Ulum, 10 (1)

H. De Vos. 2002. Pengantar Etika. Yogyakarta: Tiara Wacana

Hakim, M. N. 2005. Metodologi Studi Islam Malang: UMM Press

Imam Al-Qurtubi. Tafsir Al-Qurtubi. (Maktabah Syamilah)

Imam Asy-Saukani. Fathul Qodir. (Maktabah Syamilah)

Janet, Bock. 1992. The Young Child, Development From Pre-birth Trough Age Eight: New York, Maxwell Macmillian International

Juwita, D.R. 2017. Fiqh Lingkungan Hidup DalamPerspektif Islam. Jurnal El-Wasathiya, 5 (1).

K. Bertens. 2007. Etik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Khalaf, A.W. 1978. Ilmu Ushul Alfiqh. Cairo: Dar Al-Qalam

Lina Kushidayati, Agus Fakhrina, Iman Fadhilah. 2014. Pengembangan Ilmu Fikih Dalam Perspektif Filsafat Ilmu, Jurnal Yudisia, Vol. 5 No. 2 Desember

Mohammad Soerjani. 2009. Pendidikan Lingkungan (Environmental Education, sebagai dasar sikap perilaku bagi kelangsungan hidup menuju pembangunan berkelanjutan), Jakarta: UI-Press

Mufid, S.A. 2010. Ekologi Manusia (Dalam Perspektif Sektor Kehidupan dan Ajaran Islam). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mufidah, R.H. 2016.Diskursus Pemikiran Fikih Lingkungan Ali Yafie dan Mujiono Abdillah,Jurnal Supremasi Hukum, 5 (1)

Munawir, dkk. 2005. Cakrawala Geografi 2. Bogor: Yudhistira

Purwanti, D. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Dwijacendekia, 1 (2).

Rahmat. 2008. Implementasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Pembinaan Kesadaran Lingkungan Hidup di Madrasah Aliyah Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta” Yogyakarta: Program PascasarjanaUIN SunanKalijaga

Retno, Soetaryono. 1999. Aplikasi Pendidikan Lingkungan pada Jenjang Menengah, Makalah Lokakarya Penerapan Model Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah, Bogor: IPB dan BPPT

Saleh, I.S. 2010. Islam dan Krisis Ekologi (Upaya Mengembangkan Pendidikan Islam Berbasis Lingkungan) dalambuku Islam National Character Building dan Etika Global, Yogyakarta: UIN SunanKalijaga

Septiana, R., Putri, R.I., Hartono, Y. 2017. Mengenal Ukuran dengan Pendekatan PMRI Pada Aspek Kognitif Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, 6 (2)

Sirry, M. A. 1995. Sejarah Fiqih Islam. Surabaya: Risalah Gusti.

Srihayati. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi untuk SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta: Erlangga

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suhendra, A. 2013. Menelisik Ekologis dalam Al-Qur’an. Jurnal Esensia. 14(1)

Sutopo PurwoNugroho, BNPB: Banyak Bencana yang disebabkan Manusia. (Republika.co.id, 05 Januari 2018)

Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2017. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tafsir, A. 2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tahir, K. A. 1991. Butir-butir Tata Lingkungan, Jakarta: RinekaCipta.

Tarbiyah. 2012. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press

Tri Sunarsih. 2018. Tumbuh Kembang Anak. Bandung: Remaja Rosda karya

W.J.S. Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahbah Zuhaili. Fiqh al-Islam waadillatuhu. (Maktabah Syamilah)

Walizer, M. H dan Arief Sadiman. 1991. Metode Penelitian Dan Analisis Penelitian. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

__________________________________________________________

Diterbitkan oleh:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: wisdom@iainponorogo.ac.id