Penilaian Sosial Emosional, Moral Agama AUD TK ABA 40 Brengkok Sebelum dan Saat Covid-19

lilis badriyah(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penilaian sistem pendidikan menjadi hal yang diduduki bahkan menempati posisi strategis dalam pembelajaran. Di antara aspek-aspek penting yang diberikan penilaian adalah aspek sosial, emosional, moral, dan agama. Semuanya membuat ukuran aktivitas belajar yang sangat berkelanjutan. Perkebunan hampir satu tahun ini akan menjadi tugas terpisah untuk mengelola lembaga pendidikan. Pandemi pasca-virus yang belum menunjukkan tingkat penurunan, perlu diberikan solusi definitif dalam sistem penilaian. Karena tentu saja sistem pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka seperti hari-hari biasa. Hal ini juga menjadi perhatian sistem pembelajaran di TK Aisyiah Bustanul Athfal 40 Brengkok, khususnya di kelas B. Menghadapi pandemi, pendidik menganggap bahwa ada hambatan yang lebih dalam untuk penilaian peserta didik. Apa yang sebelumnya bisa dilakukan dengan lebih mudah, kali ini harus merumuskan metode baru karena kondisi yang merugikan. Di satu sisi penilaian terutama dalam empat aspek ini harus dilanjutkan, sebagai ukuran perkembangan anak. Dalam TK Aisyiyah Bustanul Athfal 40 Brengkok memberikan formula baru untuk kemudahan bagi peserta didik maupun pendidik tentunya dalam melakukan studi di masa pandemi ini. Karena kondisi seperti itu memang sesuatu yang baru di dunia pendidikan, karena kondisi seperti itu belum pernah dialami sebelumnya, tentu tidak hanya di sini, karena pandemi tidak hanya di kancah nasional bahkan kelas internasional hingga global, seluruh dunia berada pada titik pandemi covid 19. Namun, dalam hal penilaian, terobosan baru harus dilakukan dalam menanggapi kondisi saat ini.


Keywords


: judgment, education, social, emotional, moral, religious.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. “Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” n.d.

Kholifah (Wali Kelas B TK ABA 40 Brengkok). Wawancara Penelitian Penilaian Sosial, Emosi, Moral Dan Agama Untuk Anak Usia Dini (AUD) di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) 40 Brengkok Kelas B Sebelum Dan Saat Masa Pandemi Covid 19, Desember 2020.

Mayar F. “Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (AUD) Sebagai Bibit Untuk Masa depan Bangsa.” Universitas Negeri Padang Al-Ta’lim Journal, 2013, 460.

Nuraini, SY. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT.Indeks, 2009.

Rakihmawati, Yusmiatinengsih. “Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini (AUD) Melalui Mendongeng di TK Dharmawanita.” Jurnal Ilmiyah VISI P2TK PAUD NI 7. No.1 (2012): 21.

Sukatin, Chofifah, N. “Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini (AUD),” 2020.

Wahyuni, Sri. “Model Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kelas Menengah Berbasis Fullday School.” Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta Journal of Early Childood Education and Development 2 (November 2, 2019): 80–91.

Wiyani NA. Psikolog Perkembangan Anak Usia Dini (AUD). Yogyakarta: Gaya Media, 2014.

Zahro, Ifat Fatimah. “Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (AUD).” Jurnal Tunas Siliwangi 1 (2015): 91–92.




DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

   


___________________________________________________________

Diterbitkan oleh:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: wisdom@iainponorogo.ac.id