Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kebiasaan Membaca Anak Kelompok B

Abstract views: 331 , PDF downloads: 545
Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kebiasaan Membaca Anak Kelompok B di TK Muslimat NU 001 Ponorogo downloads: 0
Keywords: Reading ability, parenting, early childhood,

Abstract

The ability to read early childhood is caused by one of the factors in the family environment. So whether or not a child is able to read letters or words depends on how the parenting style is at home. This study uses a quantitative method with the type of ex-post-facto research. The total population of group B in TK Muslimat NU 001 Ponorogo is 129 children. The sample used is 56 children taken by random sampling technique. Data collection tools using questionnaires, observations, and documentation. Data analysis in this study used simple linear regression. The significance level set is 0.05. In calculating the data, the researchers used SPSS 25 For Window and Microsoft Excel applications. The results of this study stated that the value of Sig. (2-tailed) in a simple linear regression test that is 0.00. When compared with a significance level of 0.05 (5%), the significance value of the variable is smaller than the significance level. Thus it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is an effect of parenting variable (x) on the variable of reading habits (y) in group B at TK Muslimat NU 001 Ponorogo

References

Agustina, Rina. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ)Terhadap Kemampuan Membaca Karangan Narasi: Penelitian Eksperimen Terhadap Kemampuan Membaca Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SD Nege.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Aidah, Siti Nur. Tips Menjadi Orang Tua Inspirasi Masa Kini. yogyakarta: KBM Indonesia, 2020.

Baderi, H A. Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Suatu Kelembagaan Nasional, Wacana Ke Arah Pembentukan Sebuah Lembaga Nasional Pembudayaan Masyarakat Membaca Pustakawan, Operasi Ilmiah Pengukuhan Pustakawan Utama Utama Membaca. Jakarta: Perpustakaan RI, 2005.

Bunanta, Murti. Buku, Mendongeng Dan Minat Membaca. Jakarta: Harian Kompas, 2004.

D, Joko Muktiono. Aku Cinta Buku: Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003.

Dalman. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Dewi, Komang Ayu Sugiartini Pramita, I Wyn. Darsana, and IB.Surya Manuaba. “Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Media Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak.” Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2014): 1–10.

Fadillah, Muhammad. Desain Pembelajaran AUD. yogyakarta: Ar-Ruzz, 2012.

Fitri, Nur Lailatul. “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun.” Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 5, no. 2 (2021): 122–32. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i2.258.

Fu, Dzikra. “Pengembangan Penalaran Kuantitatif Di Sekolah Dasar Untuk Mengembangkan Berpikir Aljabar Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) 1, no. 1 (2017).

Hamzah, Nur. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN Pontianak, 2015.

Harbeng, Masri. “Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari 1, no. 1 (2017).

Hasan, M. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press, 2013.

Helmawati. Pendidikan Keluarga Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Ikawati, Erna. “Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini.” Logaritma 1, no. 2 (2013).

Mualiah, Eka Nurul, and Usmaedi. “Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn Kubanglaban Stkip.” Jurnal Untirta 4, no. 1 (2018): 43–55.

Murdoko, E. W. H. Parenting With Leadership Peran Orangtua Dalam Mengoptimalkan Dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.

Pertiwi, Adharina Dian. “Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 5, no. 1 (2016).

Rakimahwati, Rifda Yetti, and Syahrul Ismet. “Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia DIni Di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.” Jurnal Pendidikan 2, no. 2b (2018).

Rusniah. “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok a Di Tk Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 3, no. 1 (2017): 114. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1445.

Saputro, Guntur. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewamtara Geyer Purwodadi.” Joyful Learning Journal 7, no. 1 (2017): 1–173.

Setiarani, Suci, and Yudhie Suchyadi. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tuna Netra Berprestasi Usia Sekolah Dasar.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 1, no. 01 (2018): 15–18. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v1i01.866.

Setiawati, Wijanarko dan. Ayah Ibu Baik Parenting Digital Pengaruh Gadget Dan Perilaku Terhadap Kemampuan Anak. Jakarta Selatan: Keluarga Indonesia Bahagia, 2016.

Siregae, Syofian. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Siregar, Ahmad Ridwan. “Motivasi Berprestasi Mahasiswa Ditinjau Dari Pola Asuh,.” Repository Institusi Universitas Sumatera Utara, 2006.

———. “Pembinaan Minat Baca Anak.” USU E-Repository, 2012.

Sridaningsih. Jurus Epic Membaca. Sidoarjo: Embrio Publisher, 2017.

Subagia, I Nyoman. Pola Asuh Orang Tua: Faktor, Implikasi Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Bali: Nilacakra, 2021.

Suchyadi, Yudhie. “Relationship between Work Motivation and Organizational Culture in Enhancing Professional Attitudes of Pakuan University Lecturers.” JHSS (Journal of Humanities and Social Studies) 1, no. 1 (2017): 41–45. https://doi.org/10.33751/jhss.v1i1.372.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta, 2020.

Sujiono, Yuliani Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks, 2017.

Sumarti, M Thahir. Pengembangan Bahasa Indonesia Tentang Kesadaran Fonemik (Phonemic Awarness) Untuk Anak Usia Dini (4-5 Tahun). Jakarta: Pustakahati Educenter Depok, 2013.

Surin, Bachtiar. Terjemah Dan Tafsir Al-Qur’an. Bandung: Penerbit Fa. Sumatra, 1978.

Suryadi. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Susanto, Ahmad. Bimbingan Dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana, 2015.

———. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.

———. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana, 2011.

Susilowati, Suci. “Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku Informasi Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 20, no. 1 (2016): 41–49.

Tridonanto. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elek Media Komputindo, 2014.

Wahyuni, Molli. Statistik Deskiptif Untuk Penelitian Olah Data Manual Dan SPSS Versi 25. yogyakarta: Bintang Pustaka, 2020.

PlumX Metrics

Published
2022-12-24
Section
Articles