Implementasi Pembelajaran Musik Dan Gerak Pada Guru PAUD Di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

  • Leli Kurniawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riva Ananda Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anindya Alya Afifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Wardah Khofifah Kamil Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract views: 209 , PDF downloads: 564
Keywords: music learning, movement learning, early childhood education

Abstract

This study aims to find out how teachers implement music and movement learning in early childhood education in Parongpong District, West Bandung Regency, West Java. With a case study methodology, a qualitative research design was applied. Then observation and literature research are utilized as data collection methods. Descriptive qualitative analysis is the method of data analysis that is employed. The study's findings demonstrate that teachers have effectively incorporated music and movement into early childhood learning through appropriate stimulus, variety, expression, tempo, and enthusiasm in line with their pedagogical, personal, social, and professional competence as teachers of early childhood education.

References

Adrian, Y., & R.L.Agustina. “Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.O.” Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan 14, no. 2 (2019).

Ardiyanto, Asep. “Bermain sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.” Jendela Olahraga, vol. 2, no. 2 (2017).

Astuti, H. P. 2013. Perkembangan Anak Usia Dini. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish.

Bahri, Husnul. “Strategi Edutainment Berbasis Perkembangan Anak Usia Dini.” Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan. Vol. 12, no. 1: 30–43 (2019).

Budiman, A., R. Sabaria, & P. Purnomo. “Model Pelatihan Tari: Penguatan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru.” Jurnal Panggung 30, no. 4 (2020).

Cresswell, John W. 2019. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat PAUD. 2020. Bermain Musik dan Gerak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Fauzi, F. “Hakikat Pendidikan Bagi Anak Usia Dini.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 15, no. 3 (2018).

Hasanah, Hasyim. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8, no. 1 (2017).

Kusuma, Putu Sandra Devina, dkk. “Musik dan Gerak : Pendidikan Seni Bagi Anak Usia Dini.” Journal of Music Science, Technology, and Industry 5, no. 1 (2022).

Mutiah, D. 2015. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Ndeot, Felisitas. “Pentingnya Pengembangan Kurikulum di Paud.” Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2019).

Raharjo, Itot Bian, and Dema Yulianto. “Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).” PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran 6, no. 1 (2020).

Ramadani, S. A. “Upaya Meningkatkan Kualitas Gerak Tari Siswa Melalui Olah Tubuh pada Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA Negeri 1 Watansoppeng,” 2021.

Serani, G. “Euretmika Dalcroze dan Relevansinya Bagi Pengembangan Kecerdasan Musikal Anak di Paud.” DUNIA ANAK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2019).

Sufiati, Vivi & Sofia Nur Afifah. “Peran Perencanaan Pembelajaran Untuk Performance Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 1 (2019).

Suharti, T. “Peran PG-TK BPI Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Tari Tradisional Sunda.” Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 3, no. 2 (2014).

Suryana, Dadan. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Ulfah, A. A., D. Dimyanti, and A. J. A. Putra. “Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021).

Wahyuningtyas, D. P. 2020. Pembelajaran Tari Dalam Kurikulum PAUD. Spasi Media.

Winartha, I Made. 2006 Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offset.

Wulandari, R., & U. Kustiawan. “Evaluation Study of Early Formal Education Teacher Competence in Early Childhood Learning Dance at Kindergartens in Malang, Indonesia.” Research on Education and Media 10, no. 1 (2018).

Wulandari, Retno Tri. “Pembelajaran Olah Gerak dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi dan Apresiasi Seni bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan (2017).

PlumX Metrics

Published
2023-06-28
Section
Articles