Implementasi Pembelajaran Musik Dan Gerak Pada Guru PAUD Di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrian, Y., & R.L.Agustina. “Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.O.” Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan 14, no. 2 (2019).
Ardiyanto, Asep. “Bermain sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.” Jendela Olahraga, vol. 2, no. 2 (2017).
Astuti, H. P. 2013. Perkembangan Anak Usia Dini. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish.
Bahri, Husnul. “Strategi Edutainment Berbasis Perkembangan Anak Usia Dini.” Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan. Vol. 12, no. 1: 30–43 (2019).
Budiman, A., R. Sabaria, & P. Purnomo. “Model Pelatihan Tari: Penguatan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru.” Jurnal Panggung 30, no. 4 (2020).
Cresswell, John W. 2019. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Direktorat PAUD. 2020. Bermain Musik dan Gerak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Fauzi, F. “Hakikat Pendidikan Bagi Anak Usia Dini.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 15, no. 3 (2018).
Hasanah, Hasyim. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8, no. 1 (2017).
Kusuma, Putu Sandra Devina, dkk. “Musik dan Gerak : Pendidikan Seni Bagi Anak Usia Dini.” Journal of Music Science, Technology, and Industry 5, no. 1 (2022).
Mutiah, D. 2015. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Ndeot, Felisitas. “Pentingnya Pengembangan Kurikulum di Paud.” Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2019).
Raharjo, Itot Bian, and Dema Yulianto. “Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).” PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran 6, no. 1 (2020).
Ramadani, S. A. “Upaya Meningkatkan Kualitas Gerak Tari Siswa Melalui Olah Tubuh pada Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA Negeri 1 Watansoppeng,” 2021.
Serani, G. “Euretmika Dalcroze dan Relevansinya Bagi Pengembangan Kecerdasan Musikal Anak di Paud.” DUNIA ANAK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2019).
Sufiati, Vivi & Sofia Nur Afifah. “Peran Perencanaan Pembelajaran Untuk Performance Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 1 (2019).
Suharti, T. “Peran PG-TK BPI Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Tari Tradisional Sunda.” Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 3, no. 2 (2014).
Suryana, Dadan. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Ulfah, A. A., D. Dimyanti, and A. J. A. Putra. “Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021).
Wahyuningtyas, D. P. 2020. Pembelajaran Tari Dalam Kurikulum PAUD. Spasi Media.
Winartha, I Made. 2006 Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offset.
Wulandari, R., & U. Kustiawan. “Evaluation Study of Early Formal Education Teacher Competence in Early Childhood Learning Dance at Kindergartens in Malang, Indonesia.” Research on Education and Media 10, no. 1 (2018).
Wulandari, Retno Tri. “Pembelajaran Olah Gerak dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi dan Apresiasi Seni bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan (2017).
DOI: https://doi.org/10.21154/wisdom.v4i1.5343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
__________________________________________________________
Diterbitkan oleh:
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: wisdom@iainponorogo.ac.id