Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Android Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknologi multimedia berbasis android dengan menggunakan aplikasi mengenal bentuk geometri untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif experiment dengan jenis penelitian quasi experiment. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 30 anak yang terdiri dari 15 anak sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data statistic yaitu dengan menggunakan uji t-test yang menunjukan tingkat nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini telah menunjukan bahwa penggunaan multimedia berbasis android memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Hasil analisis pun telah disimpulkan bahwa rata-rata kelompok eksperimen pada pretest sebesar 0,226 > 0,05 dan posttest sebesar 0,281 > 0,05 . Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia berbasis android memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun dan kemampuan mengenal bentuk geometri telah meningkat.
Kata Kunci: multimedia berbasis android, geometri, 5-6 tahun.
References
Afni, R. N., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. 5(1), 22–34.
Agung Triharso. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif Anak Usia Dini. CV Andi Office.
Asmawati, L. (2020). Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Film Animasi Islami Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. 3(1), 216–223.
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Chrictopher T. Croos, Taniesha A. Woods, an d H. S. (2009). Mathematics Learning in Early Childhood. The National Academis Press.
Dr Riduwan, M. B. (2009). Dasar-Dasar Statistika (Ed rev.). Bandung: Alfabeta, 2009.
Eliza, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. 5(2), 1557–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Elvara Zunia Arnada, R. W. P. (n.d.). Implementasi Multimedia Interaktif Pada PAUD Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. 393–400.
Fatimah, E. R. (n.d.). (2021). Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali).
Gandana, G. (2020). Pembelajaran Komputer untuk Anak Usia Dini. Ksatria Siliwangi.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasanah, U. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Origami. 61–72.
Hasbullah,Hidayat, S., & Asmawati, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Scribe Materi Banjir Buka Sekedar Bencana Alam Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. 6(4), 7544–7555.
Henny Setiani, Yayat Ruhiyat, L. A. (2020). Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Melalui Teknologi Infromasi dan Kompetensi Guru. 19–33.
Imtitsalul Kamilah Az-Zahroh, Fahmi, L. A. (2022). Pengaruh Aplikasi Marbel Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. 6(2), 65–76.
Indrawati, D., Farantika, D., Nahdlatul, U., & Blitar, U. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun dengan Penerapan Kegiatan Fun Cooking di TK Al Muhajirin Kota Malang. D(1).
International Data Corporation. (2020). Smartphone Market Share. Diakses dari: http://www.idc.com/promo/smartphon e-market-share/os.
Ismaniati, H. R. P. & C. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak. 4(2), 130–139.
Khairinal. (2016). Menyusun Proposal Skripsi, Tesis & Disertasi. Media Indo.
Khasanah, B. L. (2022). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengenalan Pembelajaran Matematika oleh Orang Tua Anak Usia Dini di Masa Pandemi Abstrak. 6(2), 631–641. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1016
Khusnul Laely. (2020). Ilmu Pendidikan Anak (Arif Wiyat Purnanto (ed.)). UNIMMA Press.
Komalasari, I., Ruhiyat, Y., & Asmawati, L. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Bantuan Aplikasi Focusky Pada Pembelajaran Tematik di SD Indah Komalasari Teknologi Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Yayat Ruhiat , Luluk Asmawati Teknologi Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirt. 58–74.
Kurniasih, I., Asmawati, L., & Rosidah, L. (2022). Pengaruh Aplikasi Hand Wash Squad Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun Di Kecamatan Serang. 11(2), 573–584.
Laily, A., & Jalal, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. 3(2), 396–403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. 5, 1560–1566.
Muhid, A. (2019). Analisis Statistik 5 Langkah Praktik Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. Zifatama Jawara.
Munir. (2013). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ningrum, P. A. dan M. A. (n.d.). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. 1–6.
Nurdianawati. (2021). Pengaruh Kebebasan Dalam Bekerja dan Toleransi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi ANGGATAN 2017-2018.
Nusa, H. (2019). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A di RA Al-Wardah Pandeglang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Phillips, R. (1997). The Developers Handbook to Interactive Multimedia.
Rachmawati, N,. Hidayat, S., Asmawati, L. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Excel dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar ( The Influence of Microsoft Excel Learning Media and Self Regulated Learning Towards Student Learning Outcomes ). November, 162–171.
Ramli, M. (2013). Aplikasi Teknologi Multimedia dalam Pendidikan. Jurnal Kopertais Wilayah Kalimantan XI, 11(19).
Saiffudin, A. (2007). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar (Edisi 2). Bandung: Pustaka Pelajar.
Santoso, D. (2019). Geometer’ s Sketchpad ( GSP ) dan Pemahaman Konsep Geometri Analitik Bidang. 10(2), 153–158.
Studi, P., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. Aisyah. 02, 37–41.
Sugiyono. (2019). Metode Kuantitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Triharso. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Office.
Umami, F. P. (2019). Penerapan Teori Pembelajaran Van Hiele Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Luas, Persegi Panjang, Persegi, dan Segi Tiga Siswa kelas IV SDN Kepatihan 05 Jember.