Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Klasik Bakiak Perspektif Epistemologi
Abstract
Pada anak usia dini, kegiatan sosial biasanya dikembangkan melalui bermain atau menggunakan media untuk menunjukan kegiatan sosial bersama teman-temannya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui permainan klasik. Banyak permainan klasik yang dapat merangsang aktivitas sosial anak. Banyak permainan klasik yang dapat merangsang aktivitas sosial anak. Tujuan pelaksanaan permainan ini adalah untuk melatih kemampuan sosial dan emosional anak. Metode yang dipilih adalah kualitatif. Informasi diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Menganalisis data digunakan analisis deskriptif berdasarkan data lapangan yang hasilnya pada saat ini sebagian besar anak mengalami perkembangan sosial emosional dalam kriteria perkembangan sangat baik. Sehingga indikator keberhasilan telah tercapai. Kegiatan peningkatan perkembangan sosial emosional anak melalui permainan klasik bakiak kelompok A termasuk dalam kategori berkembang sangat baik artinya sudah banyak peningkatan yang sangat penting yaitu perkembangan yang sangat penting yaitu perkembangan sosial emosional anak.
References
Arga, H, Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Ips Sd (Bandung: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie, 2020)
Fakhrudin, Asep Umar, Mendidik Anak Menjadi Unggulan (Yogyakarta: Manika Books, 2010)
Fuadia, Nazia, “Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini,” Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3.1 (2022), 31–47 <https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131>
Gian Prantoro, “Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Bakiak dan Engklek terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini,” Jurnal Teknogi Pendidikan, 4.3 (2015), 49–58
Handoko, Dwi, dan Aditya Gumantan, “Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 1 Baradatu,” Journal Of Physical Education, 2.1 (2021), 1–7 <https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.951>
Hasanah, Uswatun, “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Anak, 5.1 (2016), 717–33 <https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368>
Huberman, Miles dan, Analisis Data Kualitatif (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992)
Indriyani, Dini, Heri Yusuf Muslihin, dan Sima Mulyadi, “Manfaat Permainan Tradisional Engklek dalam Aspek Motorik Kasar Anak,” 9 (2021), 349–54
Kementerian Pendidikan Nasional, Permendikbud No 146 Tahun 2014, Permendikbud Repblik Indonesia, 2014, VIII, 37
Kurniati, Euis, Permainan Tradisional Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak (Jakarta: Kencana, 2016)
Muliawan, Jasa Ungguh, Epistemologi Pendidikan (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2008)
Novi Mulyani, Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia (Yogyakarta: DIVA Press, 2016)
Palintan, A.T, Membangun Kecerdasan Emosi dan Sosial Anak Sejak Dini (Bogor: Lindan Bestari, 2020)
Pramudyani, A. V. R., Kurniawan, M. R., Rasyid, H., & Sujarwo, “Kurikulum Holistik Integratif Berbasis Permainan Tradisional Pada PAUD Di Yogyakarta,” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10.2 (2017), 86–96
Pudensia ratnasari, Elizabeth Prima, dan Christiani Endah Poerwati, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Tradisional Bakiak Untuk Anak Kelompok B1 Paud Pelita Kasih,” Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7.2 (2022), 106–15 <https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1864>
Radliya, Nizar Rabbi, Seni Apriliya, dan Tria Ramdhaniyah Zakiyyah, “Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini,” Jurnal Paud Agapedia, 1.1 (2017), 1–12 <https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7148>
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&d (Bandung: Alfabeta, 2010)
Susanto, A, Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya (Jakarta: Kencana, 2011)
Suyadi, Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (Yogyakarta: Insan Madani, 2010)
Tusyana, Eka, dan Rayi Trengginas, “ANALISIS PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL TERCAPAI Abstrak,” Jurnal Iventa, 3.1 (2019), 18–26 <http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/download/1804/1626>
Tusyana, Eka, Rayi Trengginas, dan . Suyadi, “Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar,” Inventa, 3.1 (2019), 18–26 <https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1804>
Umayah, “Golden Age Period,” Pendidikan, Jurnal Anak, Islam Dini, Usia, 2.1 (2017), 85–96
Yusep Mulyana, Anggi Setia Lengkana, Permainan Tradisional (Bandung: SALAM INSAN MULIA, 2019)