Media Audio Visual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini

  • Khoirunnisa Alyakfi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Jazariyah Jazariyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Masdudi Masdudi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Abstract views: 84 , PDF downloads: 44
Keywords: bahasa ekspresif, media audio visual, anak usia dini

Abstract

Perkembangan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di RA At-Taqwa Kota Cirebon belum berkembang secara maksimal, dan juga penggunaan media yang berkaitan dengan perkembangan bahasa ekspresif anak sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahasa ekspresif pada anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui rangkaian empat kegiatan diantaranya ialah perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan yang terakhir refleksi. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada saat pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 adanya peningkatan yang sangat baik dan signifikan yaitu sebagai berikut, pada saat pra siklus memperoleh nilai 20,78%, sedangkan pada siklus 1 memperoleh 44,14%, adanya peningkatan sebesar 23,36% dan pada siklus 2 memperoleh nilai 81,79%, sehingga adanya peningkatan sebesar 37,65%. Dengan demikian, presentase peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun melalui metode audio visual berbasis android dapat mencapai indikator keberhasilan baik secara klasikal ataupun kelompok yaitu mencapai 81,79%. Dapat disimpulkan bahwa media audio visual berbasis android dapat meningkatkan perkembangan bahasa ekspresif anak kelompok A di RA At-Taqwa Kota Cirebon.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Alfin, J., & Pangastuti, R. (2020). Perkembangan Bahasa pada Anak Speechdelay. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 76–86. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.572

Ali, B., & Poerwanto, B. (2017). Motivasi Dan Hasil Belajar Statistika Menggunakan Multimedia Pembelajaran Program Studi Teknik Informatika Uncp. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, November 2017, 1. http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/704

Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran.

Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al Athaf, 2(2), 62–69.

Istiana, Y. (2014). Prinsip-prinsip Perkembangan Anak Usia. Didaktika, 20(2), 90–98.

Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Journal PIWULANG, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155

Kurniasari, A., & Prima, E. (2020). Penanganan anak usia dini dengan gangguan perkembangan bahasa ekspresif di Kb Al Azkia Lab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto. Jurnal CARE, 8(1), 20–39. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13–24. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.646

Putra, R. S., & Tressyalina. (2020). Pengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual Di Taman Kanak–Kanak Darul Falah. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia …, 4, 168–174. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/3469

Putri, R. H., & Febrieanitha, Y. (2022). Pengembangan Media Boneka Jerami Dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Bahasa Anak Di Paud Tunas Bangsa Desa Karang Jaya Prabumulih. 1(3), 489–498.

Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(2), 92–98. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/download/3490/2573

Suhandra, I. R. (2019). Hubungan Bahasa, Sastra, Dan Ideologi. In Cordova Journal : language and culture studies (Vol. 9, Issue 2, pp. 172–182). https://doi.org/10.20414/cordova.v9i2.1613

Sulaeman, D., Novianti Yusuf, R., Karina Damayanti, W., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Suryana, D. D. M. P. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Widiasari, Y., & Pujiati, D. (2017). Pengasuhan Anak Usia Dini Bagi Orang Tua Pekerja. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(2), 68–77. https://doi.org/10.24269/jin.v2n2.2017.pp68-77

Widiyati, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Kegiatan Bermain Peran Makro Pada Kelompok A Martha Citraningwulan Dwi Saputri. Jurnal PAUD Teratai, 05(03), 91–94. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/15742

Yayah Kusbudiah. (2018). Peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak pada mata diklat praktek pembelajaran. Tatar Pasundan, XII(33), 130–137.

PlumX Metrics

Published
2023-12-29
Section
Articles