Strategi Guru Dalam Pembelajaran Menghafal Juz Amma Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3

  • Selfi Lailiyatul Iftitah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Ummul Habibah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Fira Sa'adah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Eka Helawati Fitriani Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Isrowiyah Em Es Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 148 , PDF downloads: 133
Keywords: strategi guru, pembelajaran menghafal juzamma, Anak Usia Dini

Abstract

Artikel ini membahas mengenai strategi yang diterapkan oleh guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 dalam proses pembelajaran menghafal Juz Amma bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menggali berbagai metode dan pendekatan yang efektif dalam membantu anak-anak menghafal Juz Amma, serta bagaimana guru dapat memotivasi dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian bahwa dalam menerapkan hafalan juz amma terhadap anak usia dini yakni menggunakan strategi pembelajaran metode menghafal yang dipadukan dengan akliyah (gerakan), dan selama pembelajaran berlangsung yakni memadukan kegiatan pembelajaran dengan nyanyian sehingga anak dapat merasa nyaman ketika sedang dalam proses belajar mengajar dalam kelas. 

References

Abidin, Ahmad Zainal. Kiat Dan Mudah Hafal Juzamma. Yogyakarta: Sabil, 2015.

Dewi, K. “Pentingnya Media Pembelajaran Anak Usia Dini.” Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017): 81–96.

Helmawati. Mengenal Dan Memahami PAUD. Bandung: Rosda, n.d.

Kertamuda, Miftahul Achyar. Golden Age. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

Khadijah, and Nurul Zahriani. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini:Teori Dan Strateginya. Medan: Merdeka Kreasi Group, 2021.

Latif, Mukhtar dkk. Orientasi Baru Pendidikan Anak UsiaDini. Jakarta: Kencana, 2013.

Muhammad Minan. Strategi Belajar Inovatif. Pradina Pustaka, 2021.

Mukhlisoh, Zawawie. P-M3 Alquran Dan Pedoman Membaca, Mendengar Dan Membaca Alquran. Solo: Tiga Serangkai, 2011.

Musbikin, Imam. Guru Yang Menakjubkan . Yogyakarta: BukuBiru, 2010.

Nurkhaeriyah. “Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini Di Rumah Tahfidz Quran At-Taqwa .” Jurnal Jendela Bunda 7, no. 1 (2019): 1–16.

Rahmawati, D.N, and Dwiyanti. “Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Kinestetik Anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Palem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017.” Seling 4, no. 1 (2018): 44–50.

Safik, Moh. “Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hafalan Juz Amma Siswa.” Halimii:Journal of Education 1, no. 1 (2020).

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini:Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.

Syarif, Syarif, and Nur Kholis. “Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Menggunakan Zoom: Studi Pada Siswa Kelas 8 Smp Ar-Rahmah Malang.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 11 (2): 275–93. Https://Doi.Org/10.24042/Atjpi.V11i2.7106.” Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 2 (2020): 275–93. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7106.

Zain, Anwar. Strategi Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Cirebon: Insania, 2021.

PlumX Metrics

Published
2023-12-29
Section
Articles