Pengaruh Pemanfaatan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Pemanfaatan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus pada anak usia 4-6 tahun di TK Islam Tirtayasa Serang-Banten. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Ex-post Facto. Populasi penelitian adalah 30 anak usia 4-6 tahun di TK Islam Tirtayasa Serang-Banten, dan seluruh populasi dijadikan sampel (30 anak). Pemanfaatan media bahan alam memberikan pengaruh sebesar 83,7% terhadap pengembangan kemampuan motorik halus. Uji Hipotesis menggunakan Uji t dengan hasil thitung 11,973, yang melebihi nilai t tabel sebesar 1,701. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan media bahan alam terhadap pengembangan kemampuan motorik halus. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan media bahan alam mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-6 tahun di TK Islam Tirtayasa Serang-Banten.
References
Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf
Aulina Nisak, C. (2017). METODOLOGI PERKEMBENGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. In F. Megawati, S.Pd., M.Pd (Ed.), UMSIDA Press (Cetakan Pe, Issue 1). UMSIDA Press.
Budiarti, F. (2015). Analisis pembelajaran sentra bahan alam untuk mengembangkan kreativitas menempel anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8641
Hamriani. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIPA BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN NATURALIS ANAK KELOMPOK B DI TK USWATUN HASANAH KABUPATEN BANTAENG (Vol. 8, Issue 5). Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hurlock, E. B. (1993). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN (5th ed.).
Hurlock, E. B. (1997). Child Development 6thEd. McGraw Hill Inc.International Student Ed.
Khaironi, M. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age, 4(02), 261–266. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2272
Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Pelajar.
Maryani, S. (2018). PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 3-4 TAHUN STUDI KASUS DIKELOMPOK BERMAIN TAMAN KANAK-KANAK GEMITANG BOJONGSARI DEPOK. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Nurani Sujiono, Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (revisi cet). PT Indeks. https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555
Rini Sukamti, E. (2018). Perkembangan Motorik (S. Amalia (ed.); pertama, Issue July). UNY Press.
Sisdiknas. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.
Sugiono. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D) (25th ed.). alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Syaodih Sukmadinata, N. (2008). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (4th ed.). PT Remaja Rosdakarya.