Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini

  • Sofia Nur Afifah Universitas PGRI Madiun
  • Fida Chasanatun Universitas PGRI Madiun
Abstract views: 304 , PDF downloads: 222
Keywords: literasi, keluarga, anak, buku, membaca

Abstract

Keluarga adalah unit sosial terkecil yang ada dalam masyarakat. Proses sosialisasi dilakukan pertama kali dalam keluarga, mulai dari proses belajar adaptasi dan mengikuti setiap hal yang diajarkan oleh orang-orang di lingkungan keluarga. Keluarga merupakan tempat pertama kali anak mendapatkan pendidikan, baik secara langsung, maupun tidak langsung. peran orang tua dalam meningkatkan literasi anak dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk keterlibatan orangtua dapat dilihat dari: a) Penyediaaan fasilitas, yakni berupa buku yang bervariasi, tempat yang nyaman sesuai dengan kriteria anak. b) Interaksi dengan anak, interaksi dalam meningkatkan literasi pada anak yakni melalui membacakan buku cerita, bermain peran, mengajak bercerita, dan bernyanyi. c) Kebiasaan orang tua, dalam hal ini orang tua menjadi contoh atau terlebih dahulu membiasakan membaca. Literasi sendiri secara sederhana diartikan sebagai kemampuan membaca dan menulis. Dalam konteks pemberdayaan masyarakat, literasi mempunyai arti kemampuan memperoleh informasi dan menggunakannya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga penelitian ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi minat anak dalam kegiatan literasi. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan orang tua dalam pengembangan literasi dini termasuk dalam kategori sering, dengan persentase keterlibatan 66.35% pada vocabulary skill, 54.79% pada print motivation skill, 67,036%, pada print awareness skill, 63.75% pada narrative skill. Dengan demikian rata-rata keterlibatan orang tua dalam pengembangan literasi dini anak 63.32% dan dikategorikan sering. Hasil ini bermakna bahwa orang tua anak telah melaksanakan peran sebagai stakeholder yang berperan dalam pengembangan literasi dini anak.Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini

References

Agus Hariyanto. (2009). Membuat anak anda cepat pintar membaca. Yogyakarta: Diva Press.

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada.

Ainin Amariana. (2012). Keterlibatan orangtua dalam perkembangan literasi anak usia dini. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anisa Rohmati Farihatin. (2013). Kegiatan membaca buku cerita dalam pengembangan kemampuan literasi dasar anak usia dini. Riset Psikologi. Surakarta: Fakultas Psikologi Dan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta

Arief Furchan. (2007). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Atien Nur Chamidah. (2009). Pentingnya Stimulasi Dini bagi Tumbuh Kembang Otak Anak.” Makalah disampaikan pada talk show Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak pada tanggal 17 Oktober 2009

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa indonesia pusat bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dorothy S. Strickland and Shannon Riley-Ayers. (2006). Early literacy: policy and practice in the preschool years. Diakses tanggal 20 Oktober 2015 dari www.nieers.org Eni Setiati. (2006). Panduan praktis untuk ayah dan bunda: kenali aneka ragam bahasa bayi. Yogyakarta: Santusa.

Galuh Amithya Pradipta. (2011). Keterlibatan Orang Tua dalam Proses Mengembangkan Literasi Dini pada Anak Usia Paud di Surabaya.” Riset Ilmu Sosial. Surabaya: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga

Harper, Laurie.J. (2011). Nursery rhyme knowledge and phonological awareness in preschool children. The Journal of Lnguange and Literacy Education. 7 (1), 65-78 Koentjaraningrat. (1997). Metode-metode penelitian masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

LeFerve, Jo-Anne dan Senechal, Monique. (1999). The relations among homeliteracy factors, language and earlyliteracy skills, and reading acquisition. Educational Resources Information Center (Eric). April 1999 halaman 1-15.

Monique Sénéchal, Stephanie Pagan, and Rosemary Lever. (2008). Relations among the frequency of shared reading and 4- year-old children’s vocabulary, morphological and syntax comprehension, and narrative skills. Routledge. 19 (1), 27– 44.

Reese, Elaine dkk. (2010). A review of parent intervention for preschool children’s language and emergent literacy. 10 (1), 97-117. Diakses tanggal 21 Oktober 2015 dari www.sagepub.co.uk. Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatid, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta. 255 Keterlibatan Orang Tua.... (Afiah Nuraeni)

Suharsimi Arikunto. (2007). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sulistyo dan Basuki. (2006). Metode penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra. Syamsu Yusuf LN. (2004). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suriya Emanita Br. Karo.(2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Literasi Dasar Pada Anak Usia Dini. Universitas Negeri Medan

PlumX Metrics

Published
2023-12-30
Section
Articles