MANAJEMEN TEAMWORK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK KELURAHAN SOKANEGARA PURWOKERTO

  • Catur Menik Wijayanti UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
Abstract views: 8 , PDF downloads: 2
Keywords: manajemen, teamwork, kurikulum merdeka

Abstract

Dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada sebuah satuan pendidikan dibutuhkan manajemen teamwork yang akan mendukung suksesnya implementasi kurikulum merdeka atau yang sering disebut dengan IKM. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif memiliki kesempatan untuk mengenali subjek dan merasakan pengalaman yang dialami sebjek dalam kehidupan sehari- hari. Manajemen teamwork dalam implementasi Kurikulum Merdeka PAUD adalah suatu manajemen yang mengembangkan atau memperkenalkan pendekatan manajemen teamwork yang spesifik dan dioptimalkan untuk implementasi Kurikulum Merdeka PAUD yang dilaksanakan di TK Kelurahan Sokanegara Purwokerto. Manajemen Teamwork dalam implementasi Kurikulum Merdeka Paud adalah untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif, inklusif dan mendukung perkembangan anak usia dini. Melalui manajemen teamwork kualitas pembelajaran anak usia dini dapat ditingkatkan, perhatian dan bimbingan yang diberikan kepada anak usia dini sesuai dengan kebutuhan minat dan potensi anak.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Zahir, Rahmawati Nasser, Supriadi, Jusrianto. “Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur.” Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat 2, no. 2 (2022).

Adhi Kusumastut, Ahmad Mustamil khoiron. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, 2019.

Amtu, O. Manajemen Pendidikan Di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta, 2013.

Basrowi dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipa, 2019.

Bredekamp, SNE. Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth Throught Age 8. Washington DC: National Association for the Education of Young Children, 1993.

Hidayatullah, F. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yumna Pustaka, 2010.

Kemendikbud. “6 Strategi Sukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri,” n.d. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/6-strategi-sukseskan-implementasi-kurikulum-merdeka-secara-mandiri.

———. “Opsi Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Satuan Pendidikan,” n.d. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/8403555497497-Opsi-Implementasi-Kurikulum-Merdeka-Bagi-Satuan-Pendidikan.

“Kemendikbud RI, 2021.,” n.d.

Machali, I. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 Dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. 71-94.” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2014): 71–94.

Maisaro, Atik, Bambang Budi Wiyono, and Imron Arifin. “MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.” JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan 1 (n.d.): 302–12.

Muhiyatul Huliyah. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.” As-Sabyan 1, no. 1 (2016): 60–71.

Mulyono, M. A. Manajemen Administrasi Dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Novianty Djafri , Arwildayanto, Arifin Suking. “Manajemen Kepemimpinan Inovatif Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 1441–53.

Sudjana, S. Manajemen Program Pendidikan (Untuk Pendidikan Nonformal Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Bandung: Falah Production, 2004.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003., n.d.

Upik Elok Endang Rasmani, Siti Wahyuningsih, Bambang Winarji, Jumiatmoko, Nurul Shofiatin Zuhro, Anjar Fitrianingtyas, Putri, Agustina, and Yuanita Kristiani Wahyu Widiastuti. “Manajemen Pembelajaran Proyek Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Lembaga PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 73 (2023): 3159–68.

PlumX Metrics

Published
2023-12-31
Section
Articles