Studi Analisis Parental Demanding Ibu Berprofesi Guru Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Ameilia Eka Maulidya Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

Parental Demanding, Ibu Berprofesi Guru, Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak: Semua perilaku orang tua tentu beralaskan pada kebaikan ketika berkaitan dengan pengasuhan ,meskipun didalamnya terdapat tuntutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang bagaimana parental demanding  ibu berprofesi guru pada anak usia dini Kabupaten Bangkalan, Desain penelitian ini pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Kemudian menggunakan teknik analisi data Miles dan Huberman (1984).Hasil penelitian menunjukkan adanya demanding yang dilakukan oleh ibu yang  berprofesi guru terhadap anaknya . Parental demanding yang dilakukan oleh ibu memunculkan 3 aspek yaitu controlling, disiplin akan aturan , serta tuntutan yang berkaitan dengan  stigma masyarakat terhadap ibu yang berprofesi guru. Dalam menjabarkan setiap aspeknya, 3 narasumber memiliki kesamaan ialah  mereka ingin anaknya tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat bakatnya, bertingkah laku baik serta tutur kata yang sopan , dan bersikap disiplin serta mandiri akan segala hal. Kajian ini menbah literatur dan untuk penelitian selanjutnya bisa mendalami parental demanding kepada ibu guru yang memiliki 1 anak.

Parental Demanding, Ibu Berprofesi Guru, Anak Usia Dini

References

Astuti,Dwi R dkk, “Tradisi 3M Masyarakat Jawa menurut perspektif Gen Z Kajian: Feminisme,”JP-BSI: 7,no1(2022):49-54 , https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JP-BSI/article/view/2474

Family, D. C. (2019). Pola Pengasuhan Alternative Dual Career Family Dalam Pemenuhan Kebutuhan Asih Anak. https://pdfs.semanticscholar.org/2b75/f4acc53e5856ccce4394cf1ac704c4196303.pdf

Fitriana, I. W., Husin, A., & Tahyudin, D. (2019). Proses pengasuhan anak balita pada ibu pekerja. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 131-138. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/download/34830/16058

Fitroh, S. F., Oktavianingsih, E., & Tiara, D. R. (2022). Evaluasi Kepuasan Program Mindful Parenting dalam Pemahaman Orang Tua dan Guru tentang Pengasuhan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5171-5179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2400

Hanik, E. U., & Nawafilaty, T. (2018). Model Pengasuhan Alternatif Dual-Career Family Dalam Pemenuhan Kebutuhan Asah, Asih Dan Asuh Anak. Sosial Humaniora, 1(1), 55-59. https://semnas.unisla.ac.id/index.php/SHA/article/download/181/36

Hermawan,Agus “ Pola Asuh Parental responsiveness dan parental demanding dalam keluarga diera globalisasi .”IJECT:3,no.1(2018):105-123, http://inject.iainsalatiga.ac.id/index.php/INJECT/index

Hidayati, Laily “ Model Pengasuhan Alternatif Dual-Career Family Pemenuhan kebutuhan Asah, Asih, dan Asuh Pada Keluarga Ayah-Ibu Bekerja di Kabupaten Tuban,” Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak ,2 no.2 (2016) : 41-54, https://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1266

Insan-Q, “ Strict Parent-Pengasuhan tegas dan Ketat, Apa Dampaknya ? ,” artikel online Insan-Q (2022), https://insanq.co.id/artikel/strict-parent-pengasuhan-tegas-dan-ketat-apa-dampaknya/

John W. Cresswell. 2019. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muthoharoh, B. N. M., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2019). Hubungan Komunikasi Guru dan Anak dengan Kedisiplinan pada Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 70-76. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1619276&val=10815&title=Hubungan%20Komunikasi%20Guru%20dan%20Anak%20dengan%20Kedisiplinan%20pada%20Kelompok%20B

Oktavianingsih, E. (2018). Pengembangan program pelibatan orangtua dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Journal of Early Childhood Care andEducation, 1(2),1-15. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=873336&val=12809&title=Pengembangan%20Program%20Pelibatan%20Orangtua%20dalam%20Penyelenggaraan%20Pendidikan%20Anak%20Usia%20Dini

Paramitha, S. D. (2018). Peran ibu pekerja dalam mendidik anak. NOURA: Jurnal KajianGender, 2(1). https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/nou/article/download/1340/507

Raco (2010). Metode Penelitian Kulaitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya) . Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Rahadian,Dian “ Peran dan Kedudukan Guru dalam masyarakat,” PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi ,1 no 2(2015): 26-37 , https://scholar.archive.org/work/gxbtwi5fazhn7idppt5aw6wfhy/access/wayback/https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/download/56/46

RS,“Aspek Pola Asuh Orang Tua,” Binus Unversity,no:2 (2017) http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/RS1_2017_2_100_Bab2.pdf

Sinuratti dkk, “ Pola Pengasuhan dan Hasil Belajar Pada Anak yang di tinggal Merantau Orang Tua”, JCET:Journal of Culinary Education and Technology 6,no :7(2017): 1-11, https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/boga/article/view/10211

Soekanto, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Pers

Susanto, Ahmad, “ Perkembangan Anak Usia Dini :Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya , Jakarta : KENCANA PRENADA MEDIA GROUP

Sutisna, I. (2021). Mengenal model pola asuh baumrind. ARTIKEL, 1(6659). https://repository.ung.ac.id/en/karyailmiah/show/6659/mengenal-model-pola-asuh-baumrin.html

Utami , Fadilah, dkk , “ Pengasuhan keluarga terhadap perkembangan karakter disiplin anak usia dini”, jurnal obsesi 5, no 2 (2021) : 1777-1786 https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/985

Downloads

Published

2025-02-17

Issue

Section

Articles