Studi Analisis Parental Demanding Ibu Berprofesi Guru Pada Anak Usia Dini
Keywords:
Parental Demanding, Ibu Berprofesi Guru, Anak Usia DiniAbstract
Abstrak: Semua perilaku orang tua tentu beralaskan pada kebaikan ketika berkaitan dengan pengasuhan ,meskipun didalamnya terdapat tuntutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang bagaimana parental demanding ibu berprofesi guru pada anak usia dini Kabupaten Bangkalan, Desain penelitian ini pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Kemudian menggunakan teknik analisi data Miles dan Huberman (1984).Hasil penelitian menunjukkan adanya demanding yang dilakukan oleh ibu yang berprofesi guru terhadap anaknya . Parental demanding yang dilakukan oleh ibu memunculkan 3 aspek yaitu controlling, disiplin akan aturan , serta tuntutan yang berkaitan dengan stigma masyarakat terhadap ibu yang berprofesi guru. Dalam menjabarkan setiap aspeknya, 3 narasumber memiliki kesamaan ialah mereka ingin anaknya tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat bakatnya, bertingkah laku baik serta tutur kata yang sopan , dan bersikap disiplin serta mandiri akan segala hal. Kajian ini menbah literatur dan untuk penelitian selanjutnya bisa mendalami parental demanding kepada ibu guru yang memiliki 1 anak.
Parental Demanding, Ibu Berprofesi Guru, Anak Usia Dini
References
Astuti,Dwi R dkk, “Tradisi 3M Masyarakat Jawa menurut perspektif Gen Z Kajian: Feminisme,”JP-BSI: 7,no1(2022):49-54 , https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JP-BSI/article/view/2474
Family, D. C. (2019). Pola Pengasuhan Alternative Dual Career Family Dalam Pemenuhan Kebutuhan Asih Anak. https://pdfs.semanticscholar.org/2b75/f4acc53e5856ccce4394cf1ac704c4196303.pdf
Fitriana, I. W., Husin, A., & Tahyudin, D. (2019). Proses pengasuhan anak balita pada ibu pekerja. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 131-138. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/download/34830/16058
Fitroh, S. F., Oktavianingsih, E., & Tiara, D. R. (2022). Evaluasi Kepuasan Program Mindful Parenting dalam Pemahaman Orang Tua dan Guru tentang Pengasuhan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5171-5179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2400
Hanik, E. U., & Nawafilaty, T. (2018). Model Pengasuhan Alternatif Dual-Career Family Dalam Pemenuhan Kebutuhan Asah, Asih Dan Asuh Anak. Sosial Humaniora, 1(1), 55-59. https://semnas.unisla.ac.id/index.php/SHA/article/download/181/36
Hermawan,Agus “ Pola Asuh Parental responsiveness dan parental demanding dalam keluarga diera globalisasi .”IJECT:3,no.1(2018):105-123, http://inject.iainsalatiga.ac.id/index.php/INJECT/index
Hidayati, Laily “ Model Pengasuhan Alternatif Dual-Career Family Pemenuhan kebutuhan Asah, Asih, dan Asuh Pada Keluarga Ayah-Ibu Bekerja di Kabupaten Tuban,” Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak ,2 no.2 (2016) : 41-54, https://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1266
Insan-Q, “ Strict Parent-Pengasuhan tegas dan Ketat, Apa Dampaknya ? ,” artikel online Insan-Q (2022), https://insanq.co.id/artikel/strict-parent-pengasuhan-tegas-dan-ketat-apa-dampaknya/
John W. Cresswell. 2019. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muthoharoh, B. N. M., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2019). Hubungan Komunikasi Guru dan Anak dengan Kedisiplinan pada Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 70-76. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1619276&val=10815&title=Hubungan%20Komunikasi%20Guru%20dan%20Anak%20dengan%20Kedisiplinan%20pada%20Kelompok%20B
Oktavianingsih, E. (2018). Pengembangan program pelibatan orangtua dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Journal of Early Childhood Care andEducation, 1(2),1-15. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=873336&val=12809&title=Pengembangan%20Program%20Pelibatan%20Orangtua%20dalam%20Penyelenggaraan%20Pendidikan%20Anak%20Usia%20Dini
Paramitha, S. D. (2018). Peran ibu pekerja dalam mendidik anak. NOURA: Jurnal KajianGender, 2(1). https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/nou/article/download/1340/507
Raco (2010). Metode Penelitian Kulaitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya) . Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Rahadian,Dian “ Peran dan Kedudukan Guru dalam masyarakat,” PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi ,1 no 2(2015): 26-37 , https://scholar.archive.org/work/gxbtwi5fazhn7idppt5aw6wfhy/access/wayback/https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/download/56/46
RS,“Aspek Pola Asuh Orang Tua,” Binus Unversity,no:2 (2017) http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/RS1_2017_2_100_Bab2.pdf
Sinuratti dkk, “ Pola Pengasuhan dan Hasil Belajar Pada Anak yang di tinggal Merantau Orang Tua”, JCET:Journal of Culinary Education and Technology 6,no :7(2017): 1-11, https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/boga/article/view/10211
Soekanto, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Pers
Susanto, Ahmad, “ Perkembangan Anak Usia Dini :Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya , Jakarta : KENCANA PRENADA MEDIA GROUP
Sutisna, I. (2021). Mengenal model pola asuh baumrind. ARTIKEL, 1(6659). https://repository.ung.ac.id/en/karyailmiah/show/6659/mengenal-model-pola-asuh-baumrin.html
Utami , Fadilah, dkk , “ Pengasuhan keluarga terhadap perkembangan karakter disiplin anak usia dini”, jurnal obsesi 5, no 2 (2021) : 1777-1786 https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/985