Pengembangan Materi Geometri Datar Berbentuk Video Pembelajaran Untuk Anak Usia (5-6) Tahun
DOI:
https://doi.org/10.21154/wisdom.v5i1.8718Keywords:
media video pembelajaran, geometri datar, anak usia diniAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan media video pembelajaran geometri datar untuk anak usia (5-6) tahun yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation) yang dikombinasikan dengan modifikasi evaluasi formatif Tessmer. Teknik pengumpulan data dan analisis pada penelitian ini menggunakan walkthrough dan observasi. Pada tahap expert review, hasil validasi oleh ahli materi yaitu sebesar 91% (kategori sangat valid) dan hasil validasi oleh ahli media yaitu sebesar 95% (kategori sangat valid). Hasil rata-rata dari kedua validasi ahli materi dan media tersebut yaitu sebesar 93% atau dapat dinyatakan sangat valid. Pada tahap one-to-one evaluation dengan jumlah anak sebanyak 3 orang anak didapat hasil observasi sebesar 89% (kategori sangat praktis), sementara pada tahap small group evaluation dengan jumlah anak sebanyak 9 orang anak didapat hasil observasi sebesar 96% (kategori sangat praktis). Hasil rata-rata dari kedua tahap observasi tersebut adalah sebesar 92,5% atau dapat dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan hasil dari semua tahap yang dilakukan, dengan ini dapat dikatakan media video pembelajaran geometri datar untuk anak usia (5-6) tahun yang dikembangkan pada penelitian ini sangat valid dan praktis, sehingga dapat diaplikasikan dan digunakan pada proses belajar mengajar.References
Dimyati, Johni. “Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” 2020.
Hamida, Aisyah Izza, and Choirun Nisak Aulina. “Pengaruh Media Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (April 1, 2021): 8”“16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6216.
Mutiah, Elsa, and Sardiah Srikandi. “Konsep Pengembangan Kreativitas Aud.” BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2021): 1”“15. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3464.
Novitasari, Yesi, and Mohammad Fauziddin. “Perkembangan Kognitif Bidang Auditori Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (August 25, 2021): 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640.
Pamungkas, Tri Laksito Jati Pamungkas, and Rivo Nugroho. “Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Di UPT SKB Cerme Gresik.” Jurnal Pendidikan Untuk Semua 5, no. 1 (2021): 24”“37.
Sari, Meilinda. “Pengembangan Media Balok Angka Menjadi Batang Cuisenaire Untuk Kemampuan Seriasi Anak Usia (4-5) Tahun Di Gumawang OKU Timur.” Universitas Sriwijaya, 2023.
Suparya, I Ketut. “PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI.” Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 191”“201.
Unaenah, Een, Amilanadzma Hidyah, Amiratul Muzeeb Aditya, Niken Nur Yolawati, Nurlaili Maghfiroh, Roro Rachmi Dewanti, and Tiara Safitri. “Teori Brunner Pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 2 (2020): 327”“49. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.
Widyasti, NMS, IGL Wiratma, and IW Muderawan. “Uji Validasi Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2020): 79”“85.