Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Stimulasi Perkembangan Intelektual AUD

Authors

  • Endang Lestari STKIP PGRI Ponorogo
  • Rifa Suci Wulandari - STKIP PGRI Ponorogo
  • Cutiana Windri Astuti STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/wisdom.v5i1.8798

Abstract

Anak usia dini berkembang dengan baik jika diberikan stimulasi yang tepat. Salah satu kemampuan AUD yang perlu dipenuhi  adalah kemampuan intelektual. Kemampuan intelektual ini dapat distimulasi melalui pembelajaran berbasis alam sebagai implementasi kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum Merdeka melalui pembelajaran berbasis alam sebagai stimulasi perkembangan intelektual AUD. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok A TK Ekasari Ds Krandegan kec kebonsari Kab Madiun. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis alam dapat menstimulasi perkembangan intelektual anak usia dini sebagai implementasi kurikulum Merdeka.

Downloads

Published

2024-06-20

Issue

Section

Articles