Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK IT Al-Huda Wonogiri
DOI:
https://doi.org/10.21154/wisdom.v5i1.9410Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di TK IT AL-Huda Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian Data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di TK IT Al-Huda Wonogiri melalui beberapa langkah yaitu membentuk tim fasilitator, mengindentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul projek;(2) pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di TK IT Al-Huda Wonogiri terdapat 3 tahapan yaitu: a) tahap permulaan, b) tahap pengembangan, c) tahap penyimpulan; (3) evaluasi implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu mengevaluasi proses selama pelaksanaan projek.