Persepsi Guru : Penyelenggaraan Pembelajaran Sekolah Dengan Nuansa Alam di Era Merdeka Belajar
Abstract
Penelitian ini berjudul Persepsi Guru : Penyelenggaraan Pembelajaran Sekolah Dengan Nuansa Alam di Era Merdeka Belajar. Pembelajaran dengan nuansa alam adalah sarana alternatif yang dapat di gunakan pendidik untuk menstimulus perkembangan anak didiknya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan kepada para pendidik mengenai ke efektifan proses penyelenggaraan pembelajaran dengan nuansa alam dan memanfaatkan lingkungnan sekitar untuk menstimulus perkembangan anak didiknya. Dengan nuansa alam peserta didik dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan leluasa karena mereka terjun langsung ke alam serta mendapatkan stimulus dengan lingkungan yang nyata dan sesuai dengan era merdeka belajar saat ini. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain pengambilan data menggunakan triangulasi (wawancara, observasi dan dokumentasi). Penelitian ini berdasarkan indikator capaian dari teori Piaget, Vygotsky dan Howard Gardner yakni sikap inkuiri, pembelajaran kolaboratif, pembuatan makna, kecerdasan naturalistik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan linguistik, pengalaman langsung dan pemecahan masalah sederhana.