Penerapan Media Pop-Up Book untuk Melalui Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Kebonsari Kulon I Kota Probolinggo

  • Abdul Basit Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Ulfia Lailatul Fadila Universitas Panca Marga Probolinggo
Abstract views: 969 , PDF downloads: 635
Keywords: Application, Pop Up Book Media, Activity Students.

Abstract

ABSTRACT

Implementation Of Buku Pop-Up Media To Improve Student Learning Activity In Class V Social Studies Subjects At Sdn Kebonsari Kulon I, Probolinggo City, get the data if so many students have yet to master social studies material. They’re bored and not interested in learning. The reason is less supported by maximum media use, scant teacher material mastery. Students tend to be passive and listen only to talks from teachers. In view of the problem, researchers focus more on the use Pop Up Book media that is applied to class V SDN Kebonsari Kulon 1 to keep students active in class while learning. The primary purpose of this study is to implement a Pop Up Book media capable of increasing the activity of students study. It used descriptive qualitative research. This kind of research is action research. Using data collection techniques to observe, interview and document. The study found that application of Pop Up Book media can increase the activity of students studies in IPS class V in SDN Kebonsari Kulon 1 Probolinggo City. Seen an increase from cycle, 24 students who could achieve the activitation criteria are learning well. From the data it could be calculated that 80% of the students in attendance were able to meet the staging criteria with all students already active in the learning activities. While the success criteria of this study are 75% of the students. Teacher can make students active in the classroom.

ABSTRAK

Menggunakan penerapan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sdn Kebonsari Kulon I Kota Probolinggo, diperoleh data bahwa banyak siswa yang belum menguasai materi IPS. Mereka merasa bosan dan tidak tertarik untuk mempelajarinya. Alasannya kurang didukung dengan penggunaan media yang maksimal, penguasaan materi guru yang minim. Siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan ceramah dari guru. Dilihat dari permasalahan tersebut, peneliti lebih berfokus pada penggunaan media Pop Up Book yang diterapkan pada siswa kelas V SDN Kebonsari Kulon I agar siswa aktif di dalam kelas saat pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menerapkan media Pop Up Book yang mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian tersebut menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan media Pop Up Book dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V di SDN Kebonsari Kulon 1 Kota Probolinggo. Terlihat peningkatan dari pra siklus sampai siklus II, 24 siswa yang dapat mencapai kriteria keaktifan belajar dengan baik. Dari data tersebut dapat dihitung bahwa 80% jumlah siswa  yang  hadir  mampu  memenuhi  kriteria  ketuntasan  dengan  seluruh  siswa sudah aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sementara kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 75% jumlah siswa. Guru mampu membuat siswa aktif di dalam kelas.


References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, D. (2011). Pembelajaran Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.

Mulianti, E. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pembelajaran Matematika Kelas II. Tesis , 4.

Myers, M. (2009). Qualitative Research in Business and Management. Los Angeles: Sage Publications.

Rahmawati, D. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Siswa SDLB Tunarungu Kelas IV. Skrispsi, 3.

Sadiman, A., & dkk. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.

Sinar. (2018). Metode Active Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Sleman: DeePublish.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group .

Susilana, R., & Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suharyati, E. I. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Mendeskripsikan Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia. Widya Wacana 11(1): 2-11.

PlumX Metrics

Published
2020-09-22
Section
Articles