Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Film Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Materi Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

  • Nahdiroh Siti institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Risma Dwi Arisona institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 1119 , PDF downloads: 811
Keywords: Learning Media, film, social studies learning outcomes

Abstract

ABSTRAK

Media merupakan alat bantu yang membantu dalam proses pembelajaran. Alat bantu yang mampu mewakili sesuatu yang tidak dapat disampaikan pendidik atau guru melalui kata-kata atau kalimat. Peneliti menggunakan pendekatan kauntitatif dengan metode quasi experiment, desain yang digunakan nonequeivalent control group design.. Artinya penelitian yang menguji hubungan antara variabel penggunaan media berbasis film (variabel X ) dan hasil belajar ips dalam materi potensi dan pemanfaatan sumber daya alam (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 5 Ponorogo, sampel yang digunakan pada penelitian ini hanya kelas VII A sebagai kelas kontrol  dan VII B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dengan menggunakan tes dan dokumentasi, Instrumen tes berupa soal yang berjumlah 30 soal. Jenis tes yang digunakan adalah tes pre- tes dan post-test. Untuk uji hipotesis data, digunakan hasil perhitungan pada kolom t-test. Berdasarkan tabel t-test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,020. Dengan menggunakan taraf kepercayaan 95%, maka nilai Sig. 0,020 kurang dari 0,05 (0,020 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis filem terhadap hasil belajar IPS materi potensi dan pemanfaatan sumber daya alam.

 ABSTRACT               Media is a tool that helps in the learning process. Assistive devices that areable to represent something that an educator or teacher cannot convey through words or sentences. Researchers used a quantitative approach with a quasi-experimental method, the design used was nonequeivalent control group design. This means that research that examines the relationship between the variable use of film-based media (variable X) and ips learning outcomes in material potential and utilization of natural resources (variable Y). The population of this research was all class VII SMPN 5 Ponorogo, the sample used in this study was only class VII A as the control class and VII B as the experimental class. Data collection using tests and documentation, test instruments in the form of questions totaling 30 questions. The types of tests used are pre-test and post-test. To test the data hypothesis, the calculation results are used in the t-test column. Based on the t-test table, it is known that the Sig. (2-tailed) is 0.020. By using a 95% confidence level, the Sig. 0.020 is less than 0.05 (0.020 <0.05). So it can be concluded that there is a significant effect of using film-based learning media on social studies learning outcomes on the potential and utilization of natural resources.

References

Priansa, Donni Juni, Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran, Bandung: Pustaka Setia, 2017

Priyanto, Slamet & Agus Eka Saputra, Penerapan Metode Demontrasi dan Media Film untuk Meningkatkan Keaktifan dalm Pembelajaran dan Prestasi Belajar Sitem Rem, Jurnal Taman Vokasi, Vol. No 4, 2 Desember 2016

Supardan, Dadang, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015)

Suparijanto, Pendidikan Orang Dewasa, Jakarta: PT Bumi Aksara,2009.

Tanjung, Zainuddin , Buku Ajar Media Pembelajaran, PDF

Zain, Aswan dan Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

PlumX Metrics

Published
2020-09-30
Section
Articles