Strategi Baca Tanya Kerja (BTK) dengan Model Portofolio untuk Meningkatkan Belajar Mata Pelajaran Sejarah bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMA Negeri 4 Sidoarjo

  • Warsini Warsini SMAN 4 Sidoarjo
Abstract views: 366 , PDF downloads: 368
Keywords: Job question reading strategy, portfolio model, history subject,

Abstract

The purpose of enacting inclusive education in normal schools is so that there is no discrimination in the world of education so that children with special needs can study in regular schools. With this policy, it is certainly not easy for History teachers to be able to apply methods and strategies for children with special needs and regular children whose class has become one. Therefore it is necessary to have a work question reading strategy (BTK) with a portfolio model for children with special needs when learning takes place. Children with special needs do not always experience problems in learning, but when interacting with peers in regular classes there are certain things that must get special attention from the teacher, especially the supervising teacher to get optimal learning results. The method used is classroom action research. The results of the study show that the BTK strategy can improve learning outcomes and also that portfolio-based learning proves that it can improve the learning outcomes of children with special needs in history subjects.

 

References

Amboro, K. (2020). Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah. Yupa: Historical Studies Journal, 3(2). https://doi.org/10.30872/yupa.v3i2.203

Antono, M. N., & Rosyid, A. (2021). Penyusunan Program Pembelajaran Individu Pada Pembelajaran Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Keleyan Bangkalan Madura. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.33603/dj.v8i1.4863

Budyawati, & Luh Putu Indah. (2020). Pengembangan Program Pembelajaran Individual (PPI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Jember. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2).

Chairunisa, E. D. (2018). Penilaian Portofolio dalam Meningkatkan Kemampuan Self-Assessment Mahasiswa. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 4(1). https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2442

Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2017). Penyusunan Modul Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Authentic Assessment Portofolio. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(2). https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i2.3475

Fadri, Z. (2021). Konsepsi Pengembangan Masyarakat melalui Sekolah Inklusif bagi Penyandang Down Syndrome. Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, 3(2).

Hamidah, J., & Astuti, S. B. (2020). Konsep Fun-interaktif pada Desain Interior Sekolah Inklusif Galuh Handayani untuk Meningkatkan Aksesibilitas Mandiri Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 8(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v8i2.46920

Madyarini, D. D., & Gafur, A. (2015). Komparasi Model Pembelajaran Portofolio dan PBL Terhadap Hasil Belajar IPS di SMPN Kecamatan Sewon. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7664

Mardiani, N., & Hermawan, B. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Kesehatan, 7(1). https://doi.org/10.38165/jk.v7i1.122

Pinar, R. D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Jatidukuh I Mojokerto. JURNAL IKA PGSD (IKATAN ALUMNI PGSD) UNARS, 4(1).

Supriatna, E. (2009). Pendekatan Kontruktivisme dalam Pembelajaran Sejarah untuk Menumbuhkan Berfikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Aspensi 21, November.

Sutarti, S., Widayat, W., & Tjahjono, A. (2018). Upaya Peningkatan Layanan Pendidikan Sekolah Inklusif Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Negeri Sekar II Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. STIE Widya Wiwaha.

Suwartini, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Inklusi pada Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar: Membumikan Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Inklusi, 1.

Wahyudi, W. (2012). Assesment Pembelajaran Berbasis Portofolio di Sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.370

Wardany, O. F., & Sani, Y. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Survei terhadap Orangtua dan Guru di Lampung). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 16(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.32793

PlumX Metrics

Published
2023-03-02
Section
Articles