Pengembangan Komik Digital Materi Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa

Hanna Hanifah(1*), Ani Nur Aeni(2), Asep Kurnia Jayadinata(3)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Media digital terus berkembang diberbagai aspek kehidupan khususnya pada pendidikan. Guru dituntut untuk memberikan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan saat ini untuk membuat siswa dapat beradaptasi dengan media digital yang berkembang. Pengembangan suatu media pembelajaran sangat berguna agar  siswa dapat lebih memahami pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media komik digital dalam pembelajaran PKN siswa kelas VI, (2) mendeskripsikan hasil penggunaan media komik digital pada pembelajaran PKN, 3) menguji besarnya peningkatan pemahaman siswa kelas VI pada penggunaan komik digital. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Cimalaka III. Instrumen yang digunakan menggunakan angket validasi dan soal pretest-posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukan, 1) kelayakan komik digital diperoleh dari persentase hasil validasi oleh ahli media sebesar 83,3% dan ahli materi sebesar 90% , 2) Terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dan post test, dimana hasil post test sebesar 84,23 lebih baik daripada hasil pretest sebesar 74,43 , 3) Peningkatan pemahaman yang terjadi setelah pembelajaran PKN dengan menggunakan Komik Digital adalah sebesar 38,47%


Keywords


Komik Digital; Peningkatan Pemahaman; PKn

References


Aeni, A. N., & Muhtar, T. (2017). Nilai-Nilai Kesholehan Sosial pada Mata Kuliah Pembelajaran dan Aktivitas Senam Ritmik II dan Implikasinya terhadap Pendidikan Jasmani di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.17509/IJPE.V1I2.9310

Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214–1222. https://doi.org/10.35931/AM.V6I4.1113

Aeni, A. N., Nofriani, A. N., Fauziah, I. A., Fauzi, I. A., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 279–287. https://doi.org/10.52436/1.JPTI.183

Astutik, A. F., . R., & Suprijono, A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SDN GELURAN 1 TAMAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), 542–554. https://doi.org/10.37081/ED.V9I3.2894

Ayu, S., Pinatih, C., & Semara Putra, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/JPPP.V5I1.32279

Ayu, S., Pinatih, C., & Semara Putra, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/JPPP.V5I1.32279

Ekonomi, P., Ekonomi, F., & Yogyakarta, U. N. (2018). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT-ALAT PEMBAYARAN INTERNASIONAL PADA MATERI PEREKONOMIAN TERBUKA. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(3), 204–212. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/10517

Gulo, W. (2002 C.E.). METODOLOGI PENELITIAN. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hardani, H., Juliana Sukmana, D., & Fardani, R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.researchgate.net/publication/340021548

Narestuti, A., Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Nawangwulan, M. D., Anggraeni, R. N., Aeni, A. N., & Bahiyyah, K. (2022). Pengembangan Media Interaktif Spin Game dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Pemimpin dalam Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10884–10890. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V6I2.4171

Nurdansyah, & Fahyuni, F. E. (2016). Buku Model Pembelajaran Inovatif.

Nurhayati, I., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PPKn DI SMA. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 6(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7413

Penelitian Pendidikan IPA, J., & Fitria, Y. (2022). Development of Problem Based Learning (PBL) Oriented Digital Comics to Improve Students’ Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 699–704. https://doi.org/10.29303/JPPIPA.V8I2.1349

Ramadhani, A., Tambunan, M. A., Saragih, V. R., Sirait, J., & Gusar, M. R. S. (2022). Pengaruh Media Komik Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(02), 251–260. https://doi.org/10.47709/JBSI.V2I02.1870

Rohmanurmeta, Fauzatul ma’rufah, & Dewi, C. (2019). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL PELESTARIAN LINGKUNGAN BERBASIS NILAI KARAKTER RELIGI UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 100–109. https://doi.org/10.24269/MUADDIB.V1I2.1213

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publish, 1–124.

Subekti, P., Susilowaty, P., Aeni, A. N., Kurnia Jayadinata, A., Studi, P., Upi, P., Sumedang, K., Mayor, J., & 211 Sumedang, A. N. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Perubahan Sifat Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 671–680. https://doi.org/10.17509/JPI.V2I1.10106

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/JPSD.V3I2.2138

Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Setia Budhi Rangkasbitung, S., Budi Utomo No, J., & Rangkasbitung Lebak, L. (2019). Pengembangan Komik Digital sebagai Media Edukasi Penanggulangan Bencana Alam. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.35568/NATURALISTIC.V4I1.679

Syahnaz, E., Wijaya, V., Wahyuni, S., Studi Teknik Multimedia Politeknik Negeri Sambas, P., Salahuddin, K., & Wijaya Sri Wahyuni, V. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA SDN 02 KELAS III KAB. SAMBAS. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/JSRD.V2I2.15




DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v4i1.5782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hanna Hanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

_________________________________________________________________

Journal of Social Science and Education
Social Science Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, IAIN Ponorogo 

Jalan Pramuka No. 156, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Po. Box. 116 Kodepos 63471
email: asanka@iainponorogo.ac.id

Map Coordinate: Lat-7 ° 51'46 " Long 111 ° 29'32"