Membekali Warga Negara di Era Post-Truth: Peran Krusial Pendidikan Kewarganegaraan di Australia
DOI:
https://doi.org/10.21154/asanka.v5i1.9097Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan; Era Post-Truth; Berpikir Kritis; Literasi MediaAbstract
Era post-truth menimbulkan ancaman serius terhadap demokrasi dan diskursus publik. Artikel ini menganalisis peran krusial pendidikan kewarganegaraan dalam membekali warga negara dengan keterampilan dan perspektif untuk menghadapi tantangan era post-truth di Australia. Melalui pendekatan analitis dan deskriptif, serta tinjauan literatur, artikel ini menyelidiki tujuan, kurikulum, dan strategi pengajaran pendidikan kewarganegaraan, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan di Australia bertujuan untuk mengembangkan warga negara yang aktif, terlibat, dan bertanggung jawab, dengan penekanan pada keterampilan berpikir kritis, literasi media, dan ketahanan terhadap informasi yang menyesatkan. Meskipun terdapat tantangan, kolaborasi antara pemangku kepentingan, pemanfaatan teknologi, dan pengembangan profesional bagi guru diidentifikasi sebagai strategi kunci untuk memperkuat pendidikan kewarganegaraan. Temuan dan rekomendasi yang disajikan dapat berkontribusi pada pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan kewarganegaraan yang lebih efektif dalam menghadapi realitas era post-truth.
References
Buchanan, R., & Kaye, D. (2022). Teaching for active and informed citizenship in a post-truth world. The Social Educator, 40(1), 3-15.
Buckingham, D. (2019). The media education manifesto. Polity Press.
Ghosh, R., & Jing, Y. (2020). Fake news and post-truth: Challenges for civic education. Education, Citizenship and Social Justice, 15(3), 209-222. https://doi.org/10.1177/1746197920912897
Giroux, H. A. (2021). Critical pedagogy in uncertain times: Hope and possibilities. Palgrave Macmillan.
Halafoff, A., Lam, K., Bouma, G., & Barton, G. (2020). Worldviews education: Cosmopolitan peacebuilding and preventing violent extremism. Journal of Beliefs & Values, 41(3), 381-395. https://doi.org/10.1080/13617672.2019.1600283
Heggart, K. (2021). Navigating the post-truth landscape: Strategies for teaching critical thinking in citizenship education. The Social Studies, 112(3), 113-122. https://doi.org/10.1080/00377996.2021.1884678
Henderson, D., & Tudball, L. (2019). Confronting the challenges of a post-truth world: Citizenship education in Australia. The Journal of Social Studies Research, 43(4), 347-358. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2019.01.002
Kavanagh, J., & Rich, M. D. (2018). Truth decay: An initial exploration of the diminishing role of facts and analysis in American public life. Rand Corporation. https://www.rand.org/pubs/research_reports/RR2314.html
Lewandowsky, S., Ecker, U. K., & Cook, J. (2017). Beyond misinformation: Understanding and coping with the "post-truth" era. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 6(4), 353-369. https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2017.07.008
Mihailidis, P., & Viotty, S. (2017). Spreadable spectacle in digital culture: Civic expression, fake news, and the role of media literacies in "post-fact" society. American Behavioral Scientist, 61(4), 441-454. https://doi.org/10.1177/0002764217701217
Notley, T., & Dezuanni, M. (2019). Advancing children's news media literacy: Learning from the practices and experiences of young Australians. Media, Culture & Society, 41(5), 689-707. https://doi.org/10.1177/0163443718813470
Peterson, A., & Bentley, B. (2020). Empowering young citizens in a post-truth era: Citizenship education in Australia. Education, Citizenship and Social Justice, 15(3), 223-237. https://doi.org/10.1177/1746197920912900
Reichert, F., & Print, M. (2018). Civic participation of high school students: The effect of civic learning in school. Educational Review, 70(3), 318-341. https://doi.org/10.1080/00131911.2017.1316239