Upaya Peningkataan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Quiziz
Keywords:
Hasil belajar; Quiziz; Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui media quiziz di SMA Negeri 6 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK), dengan 4 tahap yang harus dilakukan yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Kegiatan dilakukan dengan 3 siklus yaitu pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Subyek pada penelitian ini berjumlah 38 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yaitu menggunakan tes pilihan ganda. Pada pra siklus didapatkan hasil rata-rata nilai nya 6,1 dan persentase ketuntasan hanya 37% dengan jumlah 14 peserta didik yang tuntas. Pada siklus I didapatkan hasil rata-rata 7,1 dengan persentase ketuntasan naik menjadi 66% dan jumlah peserta didik mengalami kenaikan menjadi 25 peserta didik. Pada siklus II didapatkan hasil rata-rata nilai 8,0 dan 35 peserta didik medapatkan nilai tuntas dengan persentase ketuntasan naik menjadi 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan quiziz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn.
References
Aini, A. Z. ., & Rahayu, P. . (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Pada Siswa Kelas X Mipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN . Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 376”“383. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1572
Arsyad Azhar. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Efrina, Gusnita. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Aplikasi Quiziz. Jurnal ilmiah pendidikan dasar. 8 (1), 5404-5413 https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8610
Jati, DHP., & Mediatati, N. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Aplikasi Quiziz. Jurnal Penelitian Tindakan Pendidikan. 6 (3), 383-389. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.50348
Noor, Sugian. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6 (1), 1-7 https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/JPH/article/view/927/522
Okyranida, I. Y., Mulyaningsih, N. N., & Agustina Dwi Astuti, I. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Fisika SMA Kabupaten Karawang. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 158-166. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.57
Rofiqoh, Almaytiya Putri. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Quiziz di Kelas XI Semester Genap MA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Trabiyah dan Ilmu Keguruan (IAIN) Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id
Syaifudin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies. 1 (2), 1-17 https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440
Utomo, H. (2020). Penerapan media kuis untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran tematik siswa kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan , 1 (3), 37-43. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.6
Viana, I. R., & Alfiandra. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Assesment Quiziz Paper Mode Di SMP Negeri 38 Palembang. 7 (2), 196-206. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/index
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).