STUDI KONTRADIKSI PADA MATAN HADIS
DOI:
https://doi.org/10.21154/dialogia.v15i1.1187Abstrak
Abstract: Hadith as the second source of law in Islam is narrated by the Companions of all things to be seen and heard from Prophet. The the sequence of narrative is then told from generation to generation orally until it is written in the books. This system stimulated the presence of particular hadiths that discussed similarthemes, however, it showed textual contradictions when read by unqualified people. Whereas it is very unlikely that the Prophet conveyed ambiguous and conflicting teachings. This article presented the answer from contradictory impression of some hadiths matan that discussed he same theme by presenting the theories of ikhtila>f al-h}adi>th (the study of the hadith which presented the same theme but they are inherently impressed and the method to solve it) that had been assembled by the scholars of hadith to face this issue.It has been recorded in the History that Ima>m Sha>fi'i> is the scholar who first formed this theory to defend the existence of hadith. Furthermore, In solving the contradictory problems, scholars have created several methods such as compromise method, tarji>h}, naskh and mansu>kh and takwi>l.
ملخص:كان Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ« مصدرا ثانيا للقانون الإسلامي ورواه Ø§Ù„ØµØØ§Ø¨Ø© من كل ما رأوهم وسمعهم من النبي Ù…ØÙ…د صلعم. وطريقة رواة Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ« من جيل إلى جيل Ø´Ùويا ØØªÙ‰ جاء عصر التدوين. بهذه الطريقة ظهر هناك بعض Ø§Ù„Ø£ØØ§Ø¯ÙŠØ« التي ØªØ¨ØØ« ÙÙ‰ موضوع متساوي ولكن وجدت التناقضات ÙÙ‰ النص أو المتن. والنبي Ù†ÙØ³Ù‡ يستØÙŠÙ„ أن يروي Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ« غامضة ومتناقضة. وهذه المقالة Ø³ØªØ¨ØØ« ÙÙ‰ التناقض بين متن بعض Ø§Ù„Ø£ØØ§Ø¯ÙŠØ« النبوية التي ØªØ¨ØØ« ÙÙ‰ الموضوع المتساوي بنظرية Ø§Ø®ØªÙ„Ø§Ù Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ« (العلم الذي ÙŠØ¨ØØ« ÙÙ‰ Ø§Ù„Ø£ØØ§Ø¯ÙŠØ« ÙÙ‰ Ù†ÙØ³ الموضوع ولكن كأن هناك التناقض ظاهريا مع طريقة ØÙ„ها) الذي ألّÙها علماء Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ« Ù„Ù„Ø¨ØØ« ÙÙ‰ هذه المسألة. وقد ظهرت هذه القضية منذ ÙØªØ±Ø© طويلة ÙÙŠ تاريخ رواية Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ«. وكان الإمام Ø§Ù„Ø´Ø§ÙØ¹ÙŠ Ø£ÙˆÙ„ من الذي وضع هذه النظرية. ولØÙ„ هذه المشكلات قد قدّم العلماء طريقة التسوية، ÙˆØ§Ù„ØªØ±Ø¬ÙŠØØŒ والنسخ، والمنسوخ، والتأويل.
Abstrak: Hadis sebagai sumber hukum kedua dalam Islam diriwayatkan oleh sahabat dari segala sesuatu yang dilihat dan didengar atas apa yang dilakukan Nabi. Periwayatan kemudian diriwayatkan secara turun-temurun secara lisan sampai masa pembukuan. Cara seperti ini menyebabkan lahirnya beberapa hadis yang membicarakan satu tema yang sama, namun menunjukkan kontradiksi secara tekstual ketika dibaca oleh orang awam, padahal sangat tidak mngkin Nabi menyampaikan ajaran yang rancu dan saling bertentangan. Artikel ini ditulis untuk menjawab kesan kontradiktif antar beberapa matan hadis yang membicarakan tema yang sama dengan menyajikan teori ikhtila>f al-h}adi>th (ilmu yang membahas tentang hadis-hadis yang membicarakan tema yang sama namun secara lahiriyah terkesan bertentangan dengan disertai metode penyelesaiannya) yang telah disusun oleh ulama hadis untuk mengenali persoalan ini. Persoalan ini telah lama muncul dalam sejarah perkembangan hadis. Sejarah mencatat bahwa Ima>m Sha>fi’i> merupakan ulama yang pertama kali menciptakan teori ini guna membela eksistensi hadis. Sedangkan untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan ini, ulama telah menciptakan beberapa metode seperti metode kompromi, tarji>h}, naskh dan mansu>kh serta takwi>l guna menyelesaikan persoalan kontradiksi antar matan hadis ini.
Keywords: Ikhtila>f al-H{adi>th, Metode Kompromi, Ima>m al-Sha>fi’i>, Naskh.