Al-Qu’ran dan Islamic Entrepreneur: Abdurrahman Bin Auf
Abstract
The purpose of this article is to analyze the behavior of the Islamic entrepreneur Abdurrahman ibn Auf based on the teaching of the Quran. Abdurrahman ibn Auf was an entrepeneur and a businessman who lived in the time of the Prophet. The clear-cut definition of entrepreneur term has not been found until now, so research on entrepreneurship remains relevant. The backbone of this study is the Quran, as it provides a deeper understanding based on what is contained in the Quran. Therefore, this article attempts to answer how is Abdurrahman ibn Auf’s manner in Islamic entrepreneur based on the study of the Quran? This research has to be done taking into account the fact that the current development of large corporations requires business research directly from the Quran for reference and facts about Islamic figures. This study uses library research methods and examines relevant scholarly articles as data sources. The results of this study contain a few basic verses about entrepreneurship. This verse is related to the attitude of business participants when conducting business. Finally, the concept of Islamic entrepreneur will be very suitable for application as it contains two meanings, Hablumminannas and Hablumminallah, as the attitude of Abdurrahman ibn Auf, who always adheres to the values in the verses of the Quran
Karya tulis ini bertujuan untuk menganalisa perilaku Islamic Entrepeneur Abdurrahman bin Auf dalam kajian al-Qur’an. Abdurrahman bin Auf merupakan seorang entrepreneur yang hidup pada zaman Rasulullah. Pemaknaan entrepeneur hingga detik ini belum menemukan istilah yang paling spesifik, sehingga kajian tentang entrepeneur masih relevan untuk dilakukan. Sandaran utama kajian ini adalah terhadap al-Qur’an, karena untuk memberikan pengertian yang jauh dan mendalam sesuai dengan apa yang terkadung di dalam al-Qur’an. Maka karya tulis ini berusaha menjawab pertanyaan bagaimana perilaku Islamic Entrepeneur Abdurrahman bin Auf dalam kajian al-Qur’an? Penelitian ini perlu dilakukan mengingat saat ini perkembangan usaha yang semakin besar akan membutuhkan kajian entrepeneur yang secara langsung diambil dari al-Qur’an sebagai rujukan serta spesifikasi terhadap seorang tokoh Islam. Penelitian ini menggunakan metode library research dan menelaah artikel ilmiah yang relevan sebagai sumber data. Hasil penelitian ini terdapat beberapa ayat dasar dalam berwirausaha. Ayat tersebut berkorelasi dengan sikap para pelaku usaha dalam menjalankan aktivitas usahanya. Pada akhirnya konsep wirausaha berbasis Islam akan sangat tepat untuk diterapkan, karena mengandung dua implikasi yakni hambumminannas dan hablumminallah, sebagaimana sikap Abdurrahman bin Auf yang senantiasa berpegang teguh terhadap nilai dalam ayat Al-Qur’an.
References
Abdi, M. K., & Febriyanti, N. (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 10(2), 160–178. https://doi.org/10.15642/elqist.2020.10.2.160-178
Akhir, D. J. (2019). Syarat Jadi Negara Maju: Jumlah Pengusaha 14% dari Rasio Penduduk: Okezone Economy. https://economy.okezone.com/read/2019/04/09/320/2040896/syarat-jadi-negara-maju-jumlah-pengusaha-14-dari-rasio-penduduk
Aprijon. (2013). Kewirausahaan dan Pandangan Islam. Menara, Vol. 12 No. 1.
Ashari, Z. (2021, Juli 2). Konsep Berwirausaha dengan Metode Dimensi Hablumminallah dan Dimensi Hablumminnas | MUSLIMPRENEUR : Jurnal Ekonomi dan Kajian Keislaman. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/muslimpreneur/article/view/75
Bahri. (2018). Kewirausahaan Islam: Penerapan Konsep Berwirausaha dan Bertransaksi Syariah dengan Metode Dimensi Vertikal (Hablumminallah) dan Dimensi Horizontal (Hablumminannas). Maro, Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, Vol. 1. No. 2.
Bisriyah, N. L. (2017). DIMENSI IBADAH SOSIAL DALAM PERSPEKTIF QUR‟AN SURAT AL- M„ÛN [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/2022/
Efendi, M. (2021, Januari). MEMULAI MENJADI ENTREPRENEUR | Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah. http://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/minhaj/article/view/347
Elfandi, A., Yohana, C., & Fidhyallah, N. F. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 2(1), 228–240.
Fatkhurahman, F. (2016). KEPUASAN BERWIRUSAHA MELALUI KEMAUAN UNTUK BERKARYA USAHA INDUSTRI KECIL. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 1(2), 143–153. https://doi.org/10.15548/jebi.v1i2.31
Hoque, Mamun, & Mamun. (2013). Dynamics and traits of entrepreneurship: An Islamic approach | Emerald Insight. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/WJEMSD-04-2013-0027/full/html?utm_source=TrendMD&utm_medium=cpc&utm_campaign=Emerald_TrendMD_1&WT.mc_id=Emerald_TrendMD_1&fullSc=1
Irawati. (2020). Al-Qur’an, Gaya Hidup Halal, dan Fusion Of Horizons: Studi QS. AlBaqarah (2): 168. REVELATIA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 1, No. 2,.
Khasanah, & Fattah. (2021). Pakaian Ideal Seorang Muslimah (Studi Komparatif dalam Pentafsiran Surah Al-A’raf ayat 26 antara Kitab Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Azhar). Advances in Humanities and Contemporary Studies, Vol. 2 No. 1.
Kholifah, N. (2021). Sifat-Sifat Rasulullah yang Dijadikan Pedoman dalam Berdagang yang Halal. Al-Tsaman : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 3(02), 43–48.
Mahanani1, & Sari. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA Y.A.I. IKRAITH-HUMANIORA, Vol. 2, No. 2,.
Megracia, S. (2021, April). Karakteristik dan Motivasi Entrepreneur Terhadap Kinerja Bisnis | MBIA. https://journal.binadarma.ac.id//index.php/mbia/article/view/1277
Mukhlas. (2020). Manajemen Bisnis Rasulullah | AL IQTISHOD: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam. http://www.jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/AlIqtishod/article/view/87
Mulyanto, K. (2013, Mei). PERAN INTRAPRENEURSHIP DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN | Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT). http://jurnal.stietotalwin.ac.id/index.php/jimat/article/view/51
Nabila, Dewi, & Damanik. (2021, Januari). Tafsir Ayat-Ayat tentang Motivasi Kerja [Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies]. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/view/160
Nizar, M. (2016). Proses Entrepreneurship, Kolaborasi Inovasi, Penciptaan Kekayaan di dalam Organisasi Bisnis. Jurnal Istiqro, 2(2), 91–103.
Nurhayani, Akbar, M., Damayanti, Rahmatullah, & Syarigawir. (2021). Kewirausahaan Ditengah Revolusi Industri 4.0: Teori Dan Konsep Tinjauan Ekonomi Islam. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v6i1.586
Rahmad Ramadani, R., Anita, E., & Dja’far, H. (2020). PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DESA TEGAL ARUM KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO [Skripsi, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi]. http://repository.uinjambi.ac.id/4711/
Rahman, A. (2021). BISNIS DAN PASAR DALAM SEJARAH ISLAM. MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 1(2), 45–54.
Ridawati, M. (2020). METODE TAFSIR AL-QURTHUBI MENGENAI AYAT JUAL BELI & RIBA DALAM KITAB AL-JAMI’ FI AHKAM AL-QUR’AN. El_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB, 11(01), 41–59.
Ritonga, M. S. (2021). PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU -PEKANBARU 1442 H/2021 M. 61.
Sakti, D. P. B., Nirwana, B. N., Pratama, R. G. I., & Prayanti, Y. (2020). PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, OPPORTUNITY RECOGNITION DAN MINAT BERWIRAUSAHA DI INDUSTRI PARIWISATA HALAL. JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL, 9(3), 270–285. https://doi.org/10.29303/jmm.v9i3.525
Saputra. (2021, Juli). Solusi Terhadap Problematika Entrepreneurship Perspektif Al-Qur’an [IQRO: Journal of Islamic Education]. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro/article/view/1788
Sara, K. D., & Fitryani, F. (2020). PERAN KEWIRAUSAHAAN DAN E-COMMERCE TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal EMA, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.53
Sari, N. (2018, Juli). Integrasi Agama Dan Budaya Aceh Dalam Pembentukan Etos Kewirausahaan (Studi Kasus HIPMI dan KPMI Kota Langsa) | Sari | KITABAH: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/JAKS/article/view/4150
Shaharuddin, Majid, Abdullah, Usman, & Amran. (2020). Analisis literatur sistematik: Impak elemen spiritual terhadap kejayaan usahawan Muslim | al-Irsyad: Journal of Islamic and Contemporary Issues. http://al-irsyad.kuis.edu.my/index.php/alirsyad/article/view/105
Shehu, Ahmad, & Al-Aidaros. (2015). Islamic Entrepreneurship in the Light of Maqasid Al-Shari’ah: A Critical Review. Journal of Social and Development Sciences, Vol. 6, No. 4, hlm. 6-14,.
Syahrul, & Abdullah. (2019). ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP BASED ON THE CONCEPT OF HONESTY. Conference Proceeding.
Syarofi, A. M. (2016). Nilai-Nilai Ekonomi Islam dalam Berwirausaha. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 64–89.
Utaminingsih, A., Damayanti, R., Ulfah, I. F., Puspita, A. F., & Nurani, F. (2021). PENGUATAN KAPASITAS PEREMPUAN MELALUI KEWIRAUSAHAAN MEMBATIK ECOPRINT YANG KREATIF DAN INOVATIF BAGI SANTRIWATI PONPES NURUL IKHSAN KABUPATEN MALANG. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 886–893. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1131
Utomo, Cahyaningrum, & Hasyim. (2019, Februari). KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR DAN KESUKSESAN BISNIS UMKM DI KOTA TARAKAN | Utomo | Jurnal Borneo Humaniora. http://180.250.193.171/index.php/borneo_humaniora/article/view/873
Yahya. (2020). ETIKA BISNIS (PERILAKU) BISNIS RASULULLAH MUHAMAD SAW SEBAGAI PEDOMAN BERWIRAUSAHA. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Volume 5, No. 1,.
Yulihastuti, N. K. (2018, Desember). PENERAPAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP WIRAUSAHA PADA SISWA | Yulihastuti | Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK. http://103.110.43.37/index.php/jl/article/view/116
Copyright (c) 2022 Atik Abidah, Erfan Muhammad, Masykuri Bakri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.