Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi Saham Syariah
Abstract
The purpose of this research to analyze the effect of financial literacy, risk, investment psychology, and social media on the investment interest of the people of Jakarta in Islamic stocks. The sample used in this study uses one hundred people who will represent the entire population. Data collection in this study was carried out using a questionnaire distributed by the purposive sampling technique. The statistical methods used are descriptive statistical analysis, classical assumptions, multiple linear regression, validity and reliability, and hypotheses using SPSS Statistics 23 application as a data processor. The results of this study are the influence of the independent variables simultaneously on the interest in investing in Islamic stocks. However, in a partial test, only financial literacy, risk, and investment psychology factors have a significant influence on interest in investing in Islamic stocks, while social media factors do not have a significant influence on interest in investing in Islamic stocks.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, risiko, psikologi investasi, dan media sosial terhadap minat berinvestasi masyarakat Jakarta pada saham syariah. Sampel yang digunakan berjumlah seratus orang yang mewakili seluruh populasi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar dengan teknik purposive sampling. Metode statistik yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, asumsi klasik, regresi linier berganda, validitas dan reliabilitas, serta hipotesis dengan menggunakan alat bantu berupa aplikasi SPSS Statistics 23 sebagai pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh variabel bebas secara bersamaan terhadap minat berinvestasi saham syariah. Akan tetapi pada pengujian secara parsial, hanya faktor literasi keuangan, risiko, dan psikologi investasi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi saham syariah, sedangkan faktor media sosial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berinvestasi saham syariah.
References
Abidin, Z. (2017). Determinan Return Saham dan Implikasinya terhadap Nilai Perusahaan. Sekuritas, 1(2581), 18–33.
Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 222.
Amir, M. T. (2015). Merancang Kuesioner (1st ed.). Jakarta: Kencana.
Azis, M., Mintarti, S., & Nadir, M. (2015). Manajemen Investasi Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor, dan Return Saham (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah dan Distribusi Penduduk. Retrieved February 26, 2021, from https://sensus.bps.go.id/main/index/sp2020
Bate’e, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. JESYA, 2(2), 313–324.
Fatimah. (2020). Peran Pengetahuan Investasi dan Literasi Keuangan dalam Memediasi Pengaruh Edukasi Pasar Modal terhadap Minat Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hadinata, S. (2018). Tingkat Pengembalian (Return), Risiko, dan Koefisien Variasi pada Saham Syariah dan Saham Nonsyariah. AKTSAR, 1(2), 171–186.
Herman. (2021). Jumlah Saham Syariah Meningkat 33% dalam Lima Tahun. Retrieved from https://investor.id/market-and-corporate/jumlah-saham-syariah-meningkat-33-dalam-lima-tahun
IDX. (2018). Saham Syariah. Retrieved November 21, 2020, from https://www.idx.co.id/idx-syariah/produk-syariah/
Isticharoh, & Kardoyo. (2020). Minat Investasi Diprediksi Dari Motivasi Diri, Pengetahuan Investasi, dan Teknologi Media Sosial. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 904.
Janor, H., Yakob, R., Hashim, N. A., Zanariah, & Wel, C. A. C. (2016). Financial literacy and investment decisions in Malaysia and United Kingdom : A comparative analysis. Malaysian Journal of Society and Space, 2(2), 109.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. (F. Husaini, Ed.). Yogyakarta: Quadrant.
Junifa. (2019). Analisis Pengaruh Pemahaman Investor Tentang Teori Investasi, Sosialisasi Pasar Modal Syari’ah, Media Sosial, dan Pengetahuan Umum Terhadap Minat Berinvestasi Saham Syari’ah. Universitas Andalas. Retrieved
KNEKS. (2019). Literasi dan Edukasi Keuangan Syariah Akan di Dorong dengan Implementasi MEKSI. Retrieved October 28, 2020, from https://knks.go.id/berita/205/literasi-dan-edukasi-keuangan-syariah-akan-di-dorong-dengan-implementasi-meksi?category=1
KSEI. (2020). Peran Strategis dalam Meningkatkan Stabilitas Pasar Modal. KSEI News.
Lan, Q., Xiong, Q., He, L., & Ma, C. (2018). Individual investment decision behaviors based on demographic characteristics: Case from China. PloS One, 13(8), 4.
Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal dan Persepsi Risiko terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal. Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan, 2(1), 49–70.
Malik, A. D. (2017a). Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi Uisi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business)2, 3(1), 71.
Malik, A. D. (2017b). Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi Uisi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business)2, 3(1), 73.
Meidiawati, K. (2016). Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Devident terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(2), 11.
Nasution, A. W., & Fatira, M. (2019). Analisis Faktor Kesadaran Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Keuangan dan Perbakan Syariah. Equilibrium, 7(1), 44–45.
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 46.
Nugroho, A. H. (2019). Analisis pengaruh psikologi investor pada Keputusan investasi saham (studi kasus seluruh investor yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Ilmiah, 1.
Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140–153.
Oktrima, B. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Sekuritas, 1(1), 98–107.
Otoritas jasa keuangan. (2013). Literasi Keuangan. Retrieved November 19, 2020, from https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.aspx
Otoritas jasa keuangan. (2021). Saham Syariah. Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/saham-syariah/Documents/Pages/-Statistik-Saham-Syariah---Februari-2021/Statistik Saham-2021 Februari.pdf
Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa Fe Uny. Profita, 1(2), 7.
Pandoyo, & Sofyan, M. (2018). Metodologi Penelitian Keuangan dan Bisnis. Bogor: In Media.
Pangestika, T., & Rusliati, E. (2019). Literasi dan efikasi keuangan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), 37–42.
Pramana, I. B. A., & Badera, I. D. N. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Risiko Investasi Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18, 1860. Retrieved from
Priyatno, D. (2018a). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. (Giovanny, Ed.). Yogyakarta: ANDI.
Priyatno, D. (2018b). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. (Giovanny, Ed.). Yogyakarta: ANDI.
Putra, I. P. S., Ananingtiyas, H., Sari, D. R., Dewi, A. S., & Silvy, M. (2016). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan, Experience Regret, dan Risk Tolerance pada Pemilihan Jenis Investasi. JBB, 5(2), 271–282.
Riski, T. R., & Sulistianingsih, H. (2020). Literasi Keuangan, Media Sosial dan Perilaku Keuangan Mahasiswa Dikota Padang Tri. Ekonomi Dan Bisnis, 22(1), 175.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Rodoni, A., & Fathoni, M. A. (2019). Manajemen Investasi Syariah. (A. Suslia, Ed.). Jakarta: Salemba Diniyah.
Salisa, N. R. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi Di Pasar Modal : Pendekatan Theory Of Planned Behaviour ( TPB ). Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 182.
Saputra, M. N. A. (2016). Rekonstruksi Keputusan Ketua BAPEPAM dan Lembaga Keuangan Nomor: KEP-180/BL/2009 Tentang Kriteria dan Penerbitan Daftar Efek Syariah. Perbankan Syariah, 1(1), 49–59.
Saraswati, K. R. A., & Wirakusuma, M. G. (2018). Pemahaman Atas Investasi Memoderasi Pengaruh Motivasi dan Risiko Investasi Pada Minat Berinvestasi. E-Jurnal Akuntansi, 24, 1586. p28
Sarwar, A., & Afaf, G. (2016). A comparison between psychological and economic factors affecting individual investor’s decision-making behavior. Cogent Business and Management, 3(1).
Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 345.
Shulhan Fariqi. (2020). Pengaruh Motivasi Diri dan Literasi Keuangan terhadap Minat Investasi Dimediasi oleh Perkembangan Teknologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.
Sudirman, & Alhudori, M. (2018). Pengaruh Konsumsi Rumah Tangga, Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Jambi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 85.
Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Susanti, S., Hasan, M., Ahmad, M. I. S., & Marhawati. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi di Galeri Investasi Universitas Negeri Makasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 4.
Tandio, T., & Widanaputra, A. A. G. P. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi, Risiko, Gender, dan Kemajuan Teknologi pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), 2338.
Tanusdjaja, H. (2018). Keputusan Investasi investor Individu Berdasarkan Kompetensi, Overconvidence, dan Pendidikan. Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis2, 2(1), 234–235.
Trenggana, A. F. M., & Kuswardhana, R. (2017). Pengaruh informasi produk, risiko investasi, kepuasaan investor dan minat mahasiswa berinvestasi. Sekretaris & Administrasi Bisnis, I(1), 15.
Watiningsih, F. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan terhadap Struktur Modal pada Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2016. Sekuritas, 1(4), 92–105.
Widyastuti, T., & Andamari, B. G. (2013). Faktor Fundamental, Suku Bunga dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Return Saham. Akuntansi Dan Auditing, 10(1), 13–28.
Zulaihati, S., Susanti, S., & Widyastuti, U. (2020). Teachers ’ financial literacy : Does it impact on financial behaviour ? Management Science Lettersn, 10, 657.
Copyright (c) 2021 Yusuf Satrio Ratmojoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.