“Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Limbah Kotoran Sapi Untuk Meningkatkan Produktifitas Pertanian Warga Di Dusun Genuk Desa Snepo Kec Slahung Kab. Ponorogo”

  • Syaiful Arif IAIN Ponorogo
Abstract views: 114 , PDF downloads: 2632

Abstract

Abstrak

Model peternakan sapi di Dusun Genuk Desa Senepo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo dikelola secara tradisional dan dalam skala kecil atau rumah tangga sehingga orientasi peternakan hanya mengedepankan produktivitas ternaknya dan belum memanfaatkan limbah kotoran sapi sebagai nilai tambah bagi peternak. Tujuan pengabdian yang kami lakukan adalah mengelola kotoran sapi agar bisamenjadi pupuk organik yang bisa digunakan oleh peternak untuk mengelola lahan pertanian dan menekan biaya produksi pertanian selama ini. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melakukan pelatihan dan praktik pembuatan pupuk organik bersama warga pemilik ternak dengan bekerjasama dengan dinaspertanian Kabupaten Ponorogo. Hasil dari pengabdian masyarakat ini msyarakat genuk bisa memproduksi pupuk organik secara mandiri atau berkelompok. 

References

Andoko, Agus, dan S. S. T. Warsito. Beternak Kambing Unggul. AgroMedia, 2013.

Budiyanto, Krisno. “Tipologi Pendayagunaan Kotoran Sapi dalam Upaya Mendukung Pertanian Organik di Desa Sumbersari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang,” Jurnal GAMMA, 7, no. 1 (2011): 42–49.

Hadisuwito, Sukamto. Membuat pupuk organik cair. AgroMedia, 2012.

Harmono, S. T. P., dan Agus Andoko. Budi Daya & Peluang Bisnis Jahe. AgroMedia, 2005.

Kasworo, Ananto, dan Munifatul Izzati. “Daur Ulang Kotoran Ternak SebagaiUpaya Mndukung Peternakan SapiPotongYang Berkelanjutan di Desa Jogonayan Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang,” 2013.

Lingga, Pinus. Petunjuk penggunaan pupuk. Niaga Swadaya, 2001.

Mansur, Ir H. Irdika. Bisnis & Budidaya 18 Kayu Komersial. Penebar Swadaya Grup, t.t.

Maswarni, Ir, dan Ir Nofiar Rachman. KUDA: Manajemen Pemeliharaan dan Pengembangbiakan. Penebar Swadaya Grup, t.t.

Najiyati, S., L. Muslihat, dan I.N.S Putra. Panduan Pengolahan Lahan Gambut untuk Pertanian Berkelanjutan. Bogor: Wetlands Internasional, 2005.

Ningsih, Nining Dwi, Neni Marlina, dan Erni Hawayanti. “Pengaruh Jenis Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan dan Produksi Beberapa Varietas Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt).” Klorofil: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Pertanian 10, no. 2 (2015): 93–100.

Pranata, Ayub S. Meningkatkan hasil panen dengan pupuk organik. AgroMedia, 2010.

Prihandana, Rama. Energi hijau: Pilihan bijak menuju negeri mandiri energi. Niaga Swadaya, 2008.

Putra, M. Yulianda Satya. “2.1. Kebakaran Hutan dan Lahan di Perkebunan Kabupaten Pelalawan oleh,” t.t.

Riana, Angga, dan Abdurrani Muin. “Penggunaan Campuran Cocopeat Dan Pupuk Kandang Untuk Penanaman Gaharu (Aquilaria spp) Pada Tanah Ultisol Di Desa Pak Laheng Kecamatan Toho.” JURNAL HUTAN LESTARI 5, no. 4 (t.t.).

Santoso, B, F Haryanti, dan S.A Kadarsih. “Pengaruh pemberian pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan roduksi serat tiga klon rami di lahan aluvial Malang,” Jurnal Pupuk, 5, no. 2 (2004): 14–18.

Siahaan, Nommy Horas Thombang. Hukum lingkungan dan ekologi pembangunan. Erlangga, 2004.

Simamora, Rotua Kristin, dan Rudi Salam Sinaga. “Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pariwisata Alam dan Budaya di Kabupaten Tapanuli Utara.” JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area 4, no. 1 (2016): 79–96.

Situmorang, Manihar, Hesti Wahyuningsih, Erni Jumilawaty, Saleha Hannum, Nunuk Priyani, dan T. Alief Aththorick. “Prosiding Seminar Nasional Biologi, 13 April 2013: Optimalisasi Penerapan Riset Biologi dalam Membangun Kemandirian Bangsa,” t.t.

Sudiarto, Bambang. “Pengelolaan Limbah Peternakan terpadu dan Agribisnis yang Berwawasan Lingkungan,” 2008.

Syafa’at, Nizwar, dan Pantjar Simatupang. “Kebijakan Pemantapan Ketahanan Pangan Nasional ke Depan.” JURNAL PANGAN 15, no. 2 (2006).

Tacoh, Edward, A. Rumambi, dan W. B. Kaunang. “Pengaruh Pemanfaatan Pupuk Bokasi Feses sapi terhadap Produksi Sorgum Varietas Kawali.” ZOOTEC 37, no. 1 (2016): 88–95.

Yuliana, Yuliana, Elfi Rahmadani, Dan Indah Permanasari. “Aplikasi Pupuk Kandang Sapi dan Ayam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jahe (Zingiber officinale Rosc.) di Media Gambut.” Jurnal Agroteknologi 5, no. 2 (2015): 37–42.

PlumX Metrics

Published
2020-06-19
Section
Articles