MENINGKATKAN KUALITAS UMKM MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI DESA MALITIN

  • Agus Jayanti Rukma
  • Lilis Dwi Setiawati IAIN Palangka Raya
  • Nur Munazah
Abstract views: 59 , PDF downloads: 108
Keywords: UMKM, Kewirausahaan, Malitin

Abstract

UMKM merupakan usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan atau badan usaha. Warga desa Malitin memiliki beberapan produk olahan yang memiliki potensi untuk berkembang. Pelatihan kewirausahaan dilakukan agar dapat membantu meningkatkan kualtas UMKM di Desa Malitin. Dalam pelatihan dipaparkan materi mengenai marketing, manajemen, dan kemitraan. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu kualitatif. Data yang dibutuhkan didapatkan dari kegiatan survei pemilihan UMKM di Desa Malitin, Kecamatan Karau Kuala. Penilitian ini dilakuakan dengan sosialisasi, praktek dan diskusi. Pelatihan yang telah dilakukan dapat membantu masyarakat untuk lebih bisa memasarkan produk olahan makanan ke luar desa. Selain itu terdapat sosialisasi dan pendaftaran sertifikat halal bagi warga yang ingin mendaftarkan produknya.

Author Biography

Lilis Dwi Setiawati, IAIN Palangka Raya
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

References

Anggraeni, L., Puspitasari, H., Ayubbi, S. El, & Wiliasih, R. (2018). Akses UMKM Terhadap Pembiayaan Mikro Syariah dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Usaha : Kasus BMT Tadbiirul Ummah, Kabupaten Bogor The Access of MSME towards Islamic Microfinancing and Its Impact on Business Development: A Case of BMT Tadbiirul Ummah, Bo. Badan Pusat Statistik Indonesia, I(1), 56. Retrieved from https://www.bps.go.id

Huda, N. (2012). Pemahaman Produsen Makanan Tentang Sertifikasi Halal (Studi Kasus di Surakarta). Ishraqi, 10(1), 1–13.

Husaeni, U. A., & Dewi, T. K. (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Anggota Bmt Di Jawa Barat. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 2(1), 48–56. https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i1.122

Kota, D. I., Studi, M., Bank, K., & Nasution, S. H. (2013). PERANAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BAGI PENGEMBANGAN UMKM DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS BANK BRI) Dewi Anggraini Syahrir Hakim Nasution. Jurnal Ekonomi Dan Pengembangan, 1(3), 105–116.

Produk, P., & Masa, P. (2021). 1,2,3,4. 2(1), 6–13.

Ul Maknunah, L., & Dwi Apriliyaningsih, R. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.35457/translitera.v9i2.945

PlumX Metrics

Published
2024-08-15
Section
Articles