PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH PTK BAGI GURU DI MTSN 4 KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN

  • Eneng Muslihah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Muhammad Luthfi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Asep Syahrul Mubarok Asep UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Ridwan Setiawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Abstract views: 95 , PDF downloads: 66

Abstract

Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah PTK bagi Guru di MTsN 4 Kabupaten Serang Provinsi Banten merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan sebagai wujud upaya untuk meningkatkan kemampuan guru pada Kelompok Kerja Madrasah (KKM) dalam menyusun karya tulis ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Temuan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam memecahkan masalah melalui pendekatan penelitian terbilang kurang. Penguasaan yang baik dalam melaksanakan PTK akan berdampak pada kualitas pembelajaran di kelas serta hasil belajar peserta didik yang maksimal. Program PKM ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Participation Action Research (PAR). Program ini dilaksanakan dengan melakukan pendampingan terhadap guru KKM di MTsN 4 Kabupaten Serang dalam penyusunan karya tulis ilmiah PTK melalui kegiatan workshop. Dalam pelaksanaannya, guru tampak antusis mengikuti pendampingan dan mereka mampu untuk melakukan analisa persoalan yang terjadi di dalam pembelajaran serta mampu menyusun judul dan proposal PKM dengan baik. Hal yang perlu untuk mendapatkan perhatian ialah adanya keterbatasan sumber daya untuk dapat mengakomodir lebih banyak guru yang terlibat dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat ini. Peningkatan kuantitas sumber daya yang dapat mengkomodir keterlibatan guru yang lebih banyak akan dapat meningkatkan kebermanfaatan dari program ini.

PlumX Metrics

Published
2024-08-13
Section
Articles