INTEGRASI NILAI MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO JAWA TIMUR
Abstract
Pondok Pesantren Amanatul Ummah adalah lembaga pendidikan yang memiliki santri beragam dan multikultur. Faktanya mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara. Dalam konteks kehidupan bangsa Indonesia yang majemuk, wacana multikulturalisme dan nilai-nilainya menjadi penting untuk dibahas dan dikaji. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai multikultural yang dapat diintegrasikan pada pembelajaran; proses dan pola integrasi nilai-nilai serta dampaknya. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Pendekatan keabsahan data penelitian menggunakan kredibility, transferability, dependility, confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai multikultural yang diintegrasikan adalah kejujuran, demokratis, toleran, kesetaraan, nasionalisme dan penghargaan terhadap keragaman budaya bangsa. Proses dan pola integrasi nilai multikultural pada pembelajaran santri melalui landasan berpikir Aswaja dan Pancasila; menggunakan strategi dan metode nasihat, pembelajaran interdisipliner, berbasis pada kegiatan santri serta menggunakan pendekatan kelembagaan pendidikan formal-non formal. Dampak integrasi dalam kehidupan pesantren adalah sikap toleran, inklusif, penghargaan pada keragaman budaya bangsa. Sedangkan dampak bagi santri di luar pesantren adalah sikap perilaku inklusif dan berupaya mempromosikan nilai multikultural serta moderasi beragama.