Pendidikan Luqman Hakim di SD Negeri Pacarpeluk: Implementasi Nilai-Nilai Q.S. Luqman Ayat 12-19 dalam Pembentukan Karakter Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai QS. Luqman Ayat 12-19 dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri Pacarpeluk. Nilai-nilai pendidikan Luqman Hakim yang diangkat meliputi akidah, syari’ah, dan akhlak yang bersumber dari nasihat Luqman Hakim dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara pada proses pembelajaran di SD Negeri Pacarpeluk. Implementasi nilai-nilai QS. Luqman Ayat 12-19 dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri Pacarpeluk dilakukan dengan memberikan nasihat dan tauladan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ini efektif dalam membentuk karakter religius, disiplin, dan sikap sopan santun pada siswa, sekaligus relevan dengan kebutuhan pendidikan Islam di era modern. Penelitian ini merekomendasikan penguatan integrasi antara pendidik dan orangtua dalam pembentukan karakter siswa.
References
Amrillah, Mafaza, and Ainun Nadlif. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Surah Luqman Ayat 12-19 Berdasarkan Tafsir Ibnu Katsir.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 23, no. 3 (2023): 4–5. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.4222.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Az-Zuhaily, Wahbah. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Bandung: Marja, 2007.
Bafadhol, Ibrahim. “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2017): 57. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.178.
Fauziah, Hapsah, and Sahal Mahpudz. “Pembentukan Karakter Rendah Hati Peserta Didik Dalam Al-Qur’an Surah Al-Furqan 63-64 Kajian Ilmu Pendidikan Islam.” Masagi (Jurnal Pendidikan Agama Islam) 1, no. 1 (2022): 5. https://doi.org/https://doi.org/10.37968/masagi.v1i1.226.
Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. 1st ed. Medan: Wal ashri Publishing, 2020. http://repository.uinsu.ac.id/9105/1/Buku Metodologi Penelitian Kualitatif Dr. Nursapia Harahap, M.Hum.pdf.
Husaini, and M Rizkoni Salis. “Relevansi Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Sebagai Pembentuk Kepribadian.” SCHOLARS: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 1, no. 1 (2023): 21. https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JS/article/view/1763.
Khoerunnisa, Naila, Akil, and Jaenal Abidin. “Urgensi Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam.” PeTeKa 5, no. 3 (2022): 335. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.334-346.
Kurniasari, Nia. “Metode Pendidikan Luqman Al Hakimdan Relevansinya Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini.” Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6, no. 1 (2024): 113. https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/qurroti/article/view/297/172.
Lajnah Pentashihan mushaf Al-Qur’an. “Quran Surah Luqman Ayat 12-19.” Kemenag, 2025. https://quran.kemenag.go.id/.
Mukodi. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19, no. 2 (2011): 435. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/ws.19.2.166.
Musthafa al Maraghi, Ahmad. Tafsir Al-Maraghi. Penerjemah. Semarang: Toha Putra, 1992.
Mustofa, Ali, and Taufiqur Rochman. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Qs Luqman Ayat 12-19 Di Smpn 1 Gudojombang.” Inovatif: Jurnal Penelitia Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan 9, no. 1 (2023): 28. https://doi.org/https://doi.org/10.55148/inovatif.v9i1.343.
Mutmainah. “Sistem Dan Nilai Pendidikan Luqman Hakim Dalam Ayat-Ayat Al-Qur’an.” AL-THIQAH: Jurnal Ilmu Keislaman 2, no. Vol 2 No 02 (2019): Oktober (2019): 5–6. https://ejurnal.stiuda.ac.id/index.php/althiqah/article/view/17/16.
Nurcahaya Dewi, Sitha, Jelita Pinasti, Dwi Rahmadani, Muhammad Aldi Rahman, and Wismanto. “Syirik Dan Dampaknya Bagi Kehidupan Manusia.” Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah 2, no. 1 (2024): 438. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i1.1035.
Pratiti, Nolix, Arif Purnomo, and Fredy Hermanto. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Smp Negeri 34 Semarang.” Sosiolum: Jurnal Pembelajaran IPS 1, no. 1 (2019): 73. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.30453.
Qomari, Rohmad. “Prinsip Dan Ruang Lingkup Pendidikan Aqidah Akhlaq.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 14, no. 1 (2009): 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v14i1.318.
Rudianto, Rahmat, and Muhammad Mahfud. “Konsep Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan AgamaIslamDalam Proses BelajarMengajar.” Ournal of Islamic Education 1, no. Vol. 1 No. 1 (2023): May 2023 (2023): 19. https://doi.org/https://doi.org/10.61231/jie.v1i1.66.
Satiadharmanto, Deddi Fasmadhy, Amin Cempokowulan, Abdilah Rahman, Nur Sodikin, Yatin, and Hendrawan. “Membangun Karakter Anak Di Era Digital: Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Perlindungan Hukum.” Maximal Journal : Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan 2, no. 1 (2024): 4. https://malaqbipublisher.com/index.php/MAKSI/article/view/330/343.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.
Zainal Mutaqin, Mumu. “Konsep Sabar Dalam Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam.” Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization 3, no. 1 (2022): 4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v3i1.1853.
Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir Juz XXI. Beirut: Darul Fikri, 1991.