Rekonstruksi Pendidikan Islam dalam Membingkai Pendidikan Karakter dan Dominasi Artificial Intelligence
DOI:
https://doi.org/10.21154/maalim.v6i1.11014Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam bagaimana Pendidikan Islam itu harus direkonstruksi di tengah-tengah keterdesakan degradasi moral dan karakter yang semakin merosot. Hal menarik lainnya, tantangan yang semakin kompleks tersebut berada pada era di mana kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence sudah sangat mendominasi kehidupan umat manusia yang pada akhirnya merubah totalitas perilaku manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, di mana acuan utamanya adalah mencoba menggabungkan berbagai literatur yang kemudian dianalisis dengan analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Islam harus memiliki komitmen yang lebih di dalam mengembangkan pendidikan akhlak, adab, maupun pendidikan karakter dengan tidak hanya berbicara ayat Al-Qur`an, namun bagaimana ayat Al-Qur`an itu bisa ditransmisikan secara pasti dan memiliki dampak yang dapat terukur di dalam kehidupan yang nyata.
References
Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510
Fajrillah, F., Razali, M., Handri, M., & ... (2024). Menggabungkan Kecerdasan Buatan (Ai) Dan Nilai Kemanusian Dalam Pendidikan Di Era Digital. Community Development Jurnal, 5(3), 4383–4390. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/27947%0Ahttps://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/27947/19662
Firdaus, J. A., Ummah, R. I., Aprialini, R. R., & Faizin, A. (2025). Ketergantungan Penggunaan Kecerdasan Buatan ( AI ) pada Tugas Akademik Mahasiswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1203–1214.
Firdaus, M. R., Irawan, R. R., Mahardika, C. H. Y., Gaol, P. L., & Prinaryanto, B. A. (2024). Tantangan Teknologi Artificial Intelligence pada Kegiatan Pembelajaran Mahasiswa. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 379–384. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1781
Firdhausi, A. (2023). Etika Digital dalam Artificial Intelligence. Research GAte. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30914.04807
Fitroh, I. (2025). Antara Artifical Intelligence (AI) dan Moral: Relevansi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1837–1843.
Hakim, L. (2022). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. Ppg.Dikdasmen.Co.Id. https://ppg.dikdasmen.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan
Indrawati, F., & Hartanti, L. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Di Era 6.0. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 265–270.
Laras, T. R. P., & Yunus, M. (2025). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Bagi Guru dan Peserta Didik di Era Society 5.0. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2). https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p488-494
Najili, H., Juhana, H., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Landasan Teori Pendidikan Karakter. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2099–2107. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.675
Pabubung, M. R. (2023). Era Kecerdasan Buatan dan Dampak terhadap Martabat Manusia dalam Kajian Etis. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.23887/jfi.v6i1.49293
Rijal, A., Kosasih, A., & Nurdin, E. S. (2023). Thomas Lickona and Yusuf Qardhawi: Creating Value for Character Education Through Narrative. In Proceedings of the International Conference on Language, Education, and Social Science (ICLESS 2022). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-15-2
Rizki Kurniarullah, M., Nabila, T., Khalidy, A., Juniarti Tan, V., Widiyani, H., Hukum Universitas Maritim Raja Ali Haji Abstrak, I., & Kunci, K. (2024). Tinjauan Kriminologi Terhadap Penyalahgunaan Artificial Intelligence: Deepfake Pornografi dan Pencurian Data Pribadi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(10), 534–547. https://doi.org/10.5281/zenodo.11448814
Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113–128. https://waskita.ub.ac.id/index.php/waskita/article/view/49%0Ahttps://waskita.ub.ac.id/index.php/waskita/article/download/49/50
Salsabila, S., & Sohidin. (2024). Pemahaman Etika Akademik Mahasiswa dalam Penggunaan Artificial Intelligence ( AI ). Journal of Education Research, 5(4), 6671–6680.
Santosa, H., Susanti, A., Putri, U. T., Sutrisno, D., Rahayu, T., Suryadi, Sucipto, Rasyidah, U., Soviyah, Pramudyani, A. V. R., Zuhaery, M., Fadhila, P., Hidayati, D., Widodo, H., Jailani, M., Diana, P. Z., Wijayanti, D., Zultiyanti, Hasanah, E., … Arifah, D. H. (2025). Artifical Intelligence dalam Pendidikan (Sudaryanto, Suyatno, A. Susanti, I. N. Oktavianti, V. Y. Erviana, W. N. E. Saputr, M. Fitrianawati, & W. E. Purwanto (eds.); 1st ed.). K-Media.
Saputra, H. N., Rahmat, R., & Komalasari, K. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Projek Di Smp Daarut Tauhiid Boarding School. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(02), 115–125. https://doi.org/10.58812/spp.v2i02.397
Siti Nur Eliza Rahmawati, Maulinda Hasanah, Ainur Rohmah, Rizki Adytia Putra Pratama, & M Isa Anshori. (2023). Privasi Dan Etika Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Digital. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(6), 01–23. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i6.328
Suariqi Diantama. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234. https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf
Trunapasha, A. A., Sewu, P. L. S., Narwastuty, D., & Kurniawan, S. (2023). Penyalahgunaan Artificial Intelligence Terhadap Tokoh Masyarakat dalam Konten di Media Sosial Berdasarkan Perundang-Undangan di Indonesia. VERITAS: Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum, 9, 81–95.
Zhai, C., Wibowo, S., & Li, L. D. (2024). The effects of over-reliance on AI dialogue systems on students’ cognitive abilities: a systematic review. Smart Learning Environments, 11. https://doi.org/10.1186/s40561-024-00316-7