Pengaruh Implementasi Tata Tertib Terhadap Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo

Muhammad Husnurridlo Az Zaini(1*), Lumchatul Maula(2)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta
(2) IAIN Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


Karakter merupakan sebuah sikap yang melekat pada diri seseorang. Karakter telah mendarah daging pada diri seseorang sehingga ketika berbuat tidak perlu angan-angan yang panjang. Seiring berkembangnya zaman, banyak anak yang mengalami degradasi moral. Entah itu yang masih bersifat ringan maupun berat. Hal tersebut di akibatkan oleh semakin kompleknya zaman serta arus globalisasi yang sangat cepat. Tak terkecuali di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari. Pondok Pesantren merupakan tempat yang efektif dalam pembentukan karakter, salah satunya sifat disiplin bagi santri. Disiplin merupakan ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan yang telah disepakati. Akan tetapi, masih ditemukan santri yang tidak menanamkan sikap disiplin pada setiap kegiatannya di pondok. Hal tersebut terjadi karena adanya faktor intern pada diri sendiri serta faktor ekstern dari lingkungan sekitar. Untuk mengatasi masalah kedisiplinan, salah satu cara dengan adanya tata tertib yang harus ditaati bagi santri. Untuk menguji problematika tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian survey dengan teknik analisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji regresi liner ganda dan uji regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa implementasi tata tertib berpengaruh positif dalam kedisiplinan santri.

Kata kunci: implementasi tata tertib, disiplin, pondok pesantren


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Faiz, and al Muwrnawaman AMin. “Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Melanggar Tata Tertib Di Jurusan Bangunan SMK Negeri 1 Padang.” Journal Pendidikan, n.d.

Makmun, Rodli. Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren. Irma Rumti. Ponorogo: Stain Ponorogo Press, 2014.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Pratiwi, Rhomadhon Sinta, and Muhsin. “Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Minat Belajar Terhadap Disiplin Belajar.” Economic Education Analysis 7, no. 2 (2018).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2018.

Suradi. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Siswa.” Briliant Journal 2, no. 4 (2017): 528.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren : Pendahuluan Pondok Pesantren Yang Melembaga Di Masyaraka Satu Lembaga Pendidikan Islam Tertua Di Indonesia . Awal Kehadiran Boarding School Bersifat Tradisional Untuk Mendalami Ilmu-Ilmu Agama Isl.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. I (2017): 61–82.

Tumanggor, Rusmin. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya. Jakarta: Kencana, 2018.

Wafiq, Mansyur. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa.” Civic Hukum 1, no. 1 (2017).

Wiyani, Novan Andi. Manajemen Kelas: Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Yogjakarta: Ar Ruzz Media, 2013.




DOI: https://doi.org/10.21154/maalim.v3i1.3485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

View My Stats