Implementasi Nilai Al Quran Hadis Dalam Kegiatan One Day One Thousand Di MAN 1 Sleman

Annisa Qotrunnada Munawwaroh(1*), Muhammad Aufal Minan(2)

(1) UIN Sunan Kalijaga
(2) UIN Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan tentang kegiatan yang dilakukan oleh siswa MAN 1 Sleman sebagai implementasi dari nilai Al Qur’an dan hadis, 2. Menjelaskan konsep one day one thousand beserta inspirasi ayat al quran dan hadis  3. Mendeskripsikan tentang faktor penghambat dan pendukung terlaksananya kegiatan, 4. Mengetahui upaya dan solusi yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk menghadapi problematika yang terjadi dalam diri siswa maupun dalam terlaksananya kegiatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan  melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap salah seorang guru quran hadis di Madrasah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1. Kegiatan yang terterapkan di madrasah ini sudah cukup beragam baik berupa pelaksanaan solat duha, asmaul husna, dan one day one thousand yang tentunya insprirasinya didapat dari berbagai hadis dan ayat al quran 2. Faktor penghambat dan faktor pendukungnya terkadang terjadi dari dalam diri siswa itu sendiri dan lingkungan sekitarnya 3. Solusi yang digunakan dari pihak sekolah sangat bervariasi dan efektif untuk dilakukan dan mampu membentuk peserta didik memiliki karakter religious berdasar al Quran dan Hadis.


Keywords


Nilai Quran Hadis, One Day One Thousand, atau Implementasi

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Asep. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol.17, No. 1, hlm: 17- 30. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-02

Utomo, Maria Anggi Setyaning dan Iva Inayatul Ilahiyah. (2021). Implementasi Kegiatan Shodaqoh dalam membentuk empati. Jurnal El-Islam. Vol. 3, No. 1, hlm : 23-37

Lathifah dan Rusli.(2019).Pembiasaan Spiritual Untuk Meningkatka Pendidikan Karakter Peserta Didik. Tadbir Muwahhid. Vol. 3 No. 1. Hlm : 14-26

Khoirunnisa, Lili. (2017). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Xi Ma Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XIV, No. 1, DOI : 10.14421/jpai.2017.141-04

Tafsir, Prof. Dr. Ahmad.(2017). Implementasi Pendidikan Karaktr Siswa Perguruan Islam an Nizam Medan. Jurnal EduTec, vol.3, No. 1

Umikar, Titing dkk. (2021). Pembiasaan sholat dhuha dalam pembentukan karakter religious siswa di Madrasah Tsanawiyah Ahma d Yani Jabung- Malang. Jurnal Pendidikan Islam, vol. 0, No. 4, hlm. 123-129

Damayanti, Anis. Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Infak Kelas Iv Di Min 6 Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/ 2018. (Skripsi- IAIN Ponorogo 2018), hlm. 107

Taufikin & Ahmad Falah. (2020). Implementasi Kegiatan Religius dalam meningkatkan Akhlakul Karimah”.Jurnal Penelitian. Vol. 14, No. 2, hlm. 319- 346




DOI: https://doi.org/10.21154/maalim.v3i1.3633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

View My Stats