Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum 2013 di SD Unggulan Permatajingga Malang

Imam Taqyudin(1*)

(1) Universitas Islam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekolah Dasar Unggulan Permatajingga Malang adalah sekolah umum yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Meskipun sebagai sekolah umum pimpinan SD Unggulan Permatajingga memiliki harapan agar peserta didiknya memiliki karakter islami dan kemampuan keagamaan Islam yang lebih berbobot bila dibandingkan dengan sekolah umum yang sederajat. Demi mewujudkan harapan tersebut pimpinan SD Unggulan Permatajingga berupaya mengoptimalkan program ekstrakurikuler dan pembiasaan keagamaan yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 yang difokuskan pada ekstrakurikuler dan pembiasaan keagamaan di SD Unggulan Permatajingga Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan guru Pendidikan Agama Islam. Data dianalisa menggunakan teknik analisa data, reduksi data, dan penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan keagamaan dilakukan di awal semester yang meliputi tujuan kegiatan, penyusunan program dan jadwal, serta analisa kebutuhan minat bakat peserta didik. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan keagamaan berjalan sesuai rencana dan program yang telah disusun. Evaluasi dilakukan setiap enam bulan melibatkan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan sekolah. Dari evaluasi ditemukan bahwa tujuan yang diharapkan sekolah sudah tercapai namun masih terdapat kendala seperti terbatasnya sarana prasarana dan kedisplinan peserta didik.



Keywords


Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Kurikulum 2013, Ekstrakurikuler, Pembiasaan

Full Text:

PDF

References


Mulyasa, E. (2014). Guru dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muthoharoh, A. I., & others. (2015). Pendidikan nasionalisme melalui pembiasaan di sd negeri kuningan 02 semarang utara. Unnes Civic Education Journal, 1(2).

Permendikbud, R. I. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 76, 147–173.

Permendikbud, R. I. (2014). UU RI Nomor 62 Tahun 2014. 53(9), 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.21154/maalim.v3i1.3783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

View My Stats