Penerapan Metode Pembelajaran Fishbowl dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih

  • Zuhrotul Mufidah Universitas Darussalam Gontor
  • Nurul Azizah Universitas Darussalam Gontor
  • Eko Saputra Universitas Darussalam Gontor
Abstract views: 1152 , PDF downloads: 2064
Keywords: Fishbowl Method, Fiqh Material, Classroom Action Research

Abstract

This study aims to determine the application of the fishbowl method in increasing student activity and learning outcomes in fiqh subjects in class VIII A Pondok Pesantren Al-Madaniyah Jaro Kalimantan. The application of this method expecting to be a solution to overcome the problem of learning "outcomes, which," are still very low, it finding that 79% of students have not reached the KKM. This type of research is classroom action research using the Kemmis & Mc Taggart model. The results of this study "indicate" that the application of the fishbowl method can increase student learning activity. In the first cycle of students who are active 60%, while in the second cycle of students who are 100% active, the increase in cycles I and II are 40%. The increase in student learning outcomes in the first cycle of students who reached the KKM reached 65%, while in the second cycle students who achieved the KKM were 100% of the total number of students. So the increase in student learning outcomes in cycles I and II is 35%. Thus it can be said that the application of the fishbowl method can increase student activity and learning outcomes in Fiqh Lesson.

References

Abdullah, Ridwan Sani. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok : Rajawali Pers.

Bahri, Syaiful Djamarah. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Effendi, Muhammad, Evi Chamalah. 2013. Model dan Pembelajaran. Semarang: Sultan Agung Press.

Faturrahman, Pupuh, M, Sobry S. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan Keenam. Bandung : PT. Refika Aditama.

Hidayat, Ariep. Maemunah Sa’diyah, Santi Lisnawati. 2020. Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Jurnal Edukasi Islami Jurnal. Vol. 09. No.01..

Hollingsworth, Pat dan Gina Lewis. 2019. Pembelajaran Aktif: Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Jakni. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Kalsum, Mardiyah N. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Studia Didaktika. Vol.11.No.1.2017.

Kezia, Rikawati,Debora Sitinjak. 2020. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry. Vol.2. No 2.

Komang, Ni Sri widari, Nur Hasanah dan Siti Istingsih. 2018. Efektifitas Teknik Mangkuk Ikan Atau Akuarium (Fishbowl) untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VA SDN Cakranegara Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Kesejahteraan keluarga dan Pendidikan. Vol. 05. No. 01.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Maria, Yunita dan Mujibburrahman. 2017. Pengaruh Metode Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di Mts Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Realita. Vol. 2. No. 1.

Mualimin dan Rahmat Arofah. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Misykat. Vol.3. No.1. Juni 2018.

Putri, Mutia, M.Giatman, Ernawati. 2021. Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Riset Tindakan Indonesia (JRTI). Vol.6. No.2.

Rakhmawati,2014. Keefektifan Metode Fishbowl Terhadap Pembelajaran Berdiskusi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman, Skripsi yang Dipublikasikan, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rizky, Nanda Fitrian Kanza, Albertus Djoko Lesmono, Heny M. 2020. Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Dikelas XI Mipa 5 SMA Negeri 2 Jember Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 9 No 2.

Rizqillah, Mohammad Masykur. 2019. Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat. Vol. 4. No. 2.

Rusman, Maftukhin, A., & Nurhidayati. 2012. Pemanfaatan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 22 Purworejo. Jurnal Radiasi. Vol 1. No. 1. 2012.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2016. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjiono, Anas. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: PT. Rajawali Pers.

Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2.

Wiranto, Asul. Mustakim. 2012. Panduan Karya Tulis Guru.Yogyakarta: Pustaka Grhatama.

Zaleha. 2019. Fikih Komprehensif Sebuah Pendekatan Dalam Studi Islam . Jurnal Analytica Islamica. Vol. 21 No. 2.

PlumX Metrics

Published
2022-06-06