Implementasi Metode Ritme Otak untuk Meningkatkan Kualitas Menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Assaubari Ponorogo

Fatkul Hidayatusahiro(1*), Safiruddin Al Baqi(2)

(1) IAIN Ponorogo
(2) IAIN Ponogoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Menghafal Al-Qur’an bagi banyak orang adalah hal yang sulit karena banyak orang yang tidak tahu metodenya. Maka dari itu, untuk mempermudah cara cepat menghafal Al-Qur’an dan mengurangi ketidakmampuan para penghafal dalam menghafal Al-Qur’an, lembaga pendidikan masyarakat ingin membantu kepada seorang penghafal Al-Qur’an dalam melakukan kegiatan menghafal Al-Qur’an dengan memberikan solusi menggunakan Metode Ritme Otak agar lebih mudah, cepat, sistematis dan praktis. Guru memiliki peran penting dalam melaksanakan pendidikan. Urgensi penelitian yang dilakukan terhadap PAI adalah sebagai jembatan bahwa seorang guru mampu dan siap berperan dalam menjalankan peranannya, bahwa membaca atau menghafal Al-Qur’an merupakan ibadah yang paling agung, modal utama dalam mempelajari agama dan berdakwah, ikut serta dalam menjaga kemurnian Al-Qur’an, tadabbur dan tafakkur atas kebesahan Allah SWT.


Keywords


Guru; Menghafal Al-Qur’an; Metode Ritme Otak

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Mawardi. Ulumul Qur’an. Jember: STAIN JEMBER Press, 2011.

Al-Munawir, Said. Al-Qur’an Membangun tradisi dan kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Al-Qurthubi, Imam. The Secret Qur’an. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2013.

Basleman, anisah dan mappa, syamsu. teori belajar Orang Dewasa. Bandung:Remaja Rosdakarya, 2011.

Hasyim, Azmil. “Korelasi antara Strategi Tahfidz gaya belajar Mahasiswa dan kinerja di Al Qur’an menghafal (Hifz).” Mediterania Jurnal Ilmu-ilmu Sosial MCSER Penerbitan, Roma-Italia 6, No. 2 (April 2015).

Iswati dkk. “Pelatihan Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Ritme Otak kanan bagi santri Pondok pesantren Muhammadiyah Darul Hikmah.” Journal Bulletin of Community Engagement Vol. 1, No. 1, 2021.

Juhji. “Peran Urgen Guru dalam Pendidikan,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 1. No. 1, 2016.

Muhammad, Suaib. Tafsir Tematik .Malang: UIN Maliki Press, 2013.

Nugraha, “Bimbingan Tahfidz al-Qur’an dengan Metode Ritme Otak untuk meningkatkan Motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an”, jurnal bimbingan, penyuluhan, konseling dan psikoterapi Islam vol. 7 No. 3, 2019.

Nur Wahdatul Rosita, iid. metode pembelajaran dirosati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Roudhotul Muna desa kartonegoro, Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, IAIN Jember, Juni 2016.

Rahmawati, Muhammad. Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Sukses Press, 2013.

Ridla, Rasyid. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembelajaran” Vol. 3, No. 1, 2008.

Shihab, Quraish. Membumikan Al-Qur’an fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan masyarakat. Bandung: Mizan, 2009.

Shihab, Quraish. Wasasan Al-Qur’an tafsir Tematik atas berbagai persoalan umat. Bandung: Mizan, 2007.

W Creswell, John. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.




DOI: https://doi.org/10.21154/maalim.v3i01.3943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

View My Stats