Implementasi Strategi Pembelajaran The Power Of Two dalam Meningkatkan Nilai Belajar Fiqih Santri Gontor Putri 2 Mantingan Ngawi

  • Defi Firmansah Universitas Darussalam Gontor
  • Alya Putri Septianti Universitas Darussalam Gontor
Abstract views: 204 , PDF downloads: 327
Keywords: Hasil Belajar, Fiqih, The Power Of Two

Abstract

Hasil belajar memiliki peranan penting sebagai alat ukur atas pencapaian tujuan dari kegiatan pembelajaran. Namun, masih ditemukan materi yang tergolong di bawah  nilai rata-rata salah satunya materi  Fiqih (Bidayatul Mujtahid). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswi melalui penggunaan strategi pembelajaran The Power Of Two pada materi Fiqih, 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswi melalui penggunaan strategi The Power Of Two pada materi Fiqih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang bersifat deskriptif kualitatif. Diterapkan di kelas 5H yang berjumlah 38 siswi di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 tahun ajaran 1442/1443 H. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Penerapan strategi pembelajaran The Power Of Two dinilai efektif dapat meningkatkan keaktifan belajar Fiqh kelas 5H  Kulliyyatu-l-Muallimat Al-Islamiyyah di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, yaitu pada siklus pertama keaktifan belajar siswa dengan presentase 61,97% dan pada siklus kedua keaktifan belajar siswa dengan presentase 81,45%. (2) Penerapan strategi pembelajaran The Power Of Two dinilai efektif dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih kelas 5H yaitu rata-rata hasil belajar siklus pertama 5,45 dengan presentase hasil belajar adalah 47,37% dan meningkat rata-rata hasil belajar pada siklus kedua 6,82 dengan  presentase hasil belajar 94,74%.

 

Abstract

Learning outcomes have an important role as a measuring tool for achieving the goals of learning activities. However, there are still materials that are classified as below the average value, one of which is Fiqh (Bidayatul Mujtahid) material. This study aims to 1) Know the increase in students learning activity through the use of The Power Of Two learning strategy in Fiqh material, 2) Know the increase in student learning outcomes through the use of The Power Of Two strategy in Fiqh material. This research is a classroom action research (CAR) with a descriptive qualitative model by Kemmis and McTaggart. It was applied in class 5H, which consisted of 38 students at Pondok Modern Darussalam Gontor Putri, Campus 2, the academic year 1442/1443 H. Classroom Action Research was carried out in 2 cycles, consisting of planning, action, observation, and reflection. The results of this study indicate that (1) The application of The Power Of Two learning strategy is considered effective in increasing the activeness of learning Fiqh class 5H Kulliyyatu-l-Muallimat Al-Islamiyyah at Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Campus 2, namely in the first cycle of learning activity students with a percentage of 61.97% and in the second cycle of student learning activities with a percentage of 81.45%. (2) The implementation of The Power Of Two learning strategy is considered effective in increasing Fiqh learning outcomes for class 5H, namely the average learning outcome in the first cycle is 5.45 with the percentage of learning outcomes being 47.37%, and increasing the average learning outcome in the second cycle 6,82 with the percentage of learning outcomes 94.74%.

Keywords: Learning Outcomes, Fiqh, The Power Of Two


References

Akbar, Sa’dun. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Kunandar. 2018. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ramayulis. 2006. Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Nusa Media.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka pelajar. Cet ke-12.

Sutikno, Soby. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospeet.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pengembangan Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Turtarahardja, Umar. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

PlumX Metrics

Published
2022-12-15