Spesifikasi Konsep Evaluasi pada Pengembangan Teknik Assesmen Kompetensi Sikap terhadap Pembelajaran PAI di SMP

  • Durrotun Nafisah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Moh. Sahlan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Abstract views: 147 , PDF downloads: 124
Keywords: Pembelajaran, Evaluasi, dan Assesment Kompetensi Sikap.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi, ruang lingkup pengembangan assessment kompetensi sikap terhadap pembelajaran PAI di SMP. Penilaian sikap tersebut memiliki beberapa teknik yang meliputi aspek spiritual dan sosial. Beberapa teknik tersebut diantaranya ialah teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal yang ditulis oleh guru. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan segala informasi mengenai aspek-aspek yang mendukung penelitian baik dari sumber naskah-naskah dan beberapa realitas. Alat-alat yang digunakan adalah informasi dari kegiatan pengamatan yang dilakukan peneliti pada SMP serta sumber referensi dari berbagai penelitian jurnal, skripsi, artikel ilmiah atau teks ilmiah yang berhubungan dengan judul penelitian yang dilakukan. Ada dua macam sumber dalam penelitian ini yakni sumber primer berupa hasil penelitian. Kedua ialah sumber sekunder, dimana sumber berasal dari sumber-sumber internet, artikel ilmiah, buku ataupun naskah dan lain sebagainya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni penilaian terhadap kompetensi sikap pada pembelajaran PAI memiliki beberapa teknik yang diperlukan. Diantaranya, observasi, yakni hal yang menjadi kebutuhan pendidik. Artinya, pendidik melakukan pengamatan terhadap sikap yang menjadi kebiasaan peserta didik. Kedua, penilaian antar-teman yang mengetahui keseharian peserta didik karena teman ialah seseorang yang ditemui setiap harinya dan mengetahui karakter teman lainnya.  Kemudian, penilaian diri untuk mengimplementasikan nilai kejujuran yang dibangun untuk menjadi identitas yang melekat terhadap peserta didik tersebut. Dan terakhir ialah jurnal guru. Hal tersebut dilakukan terhadap aspek sosial dan spiritual peserta didik.

References

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014

Afifatur Rahma. Implementasi Metode Amtsilati dalam Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Karomah Galis Madura. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020

Ahri Ida Agustina. Implementasi Pembelajaran Nahwu Sharaf Dengan Kitab Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal Jawa Tengah. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, 2019

Aliyah. “Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu dan Sharaf dengan Menggunakan Kitab Kuning”, Al-Ta’rib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 6 No. 1, 2018

Annisa Eka Fitri, et al. “Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di PAUD Auladana Kota Bengkulu”, Jurnal Potensia, Vol. 2 No. 1

Bashirotul Hidayah, “Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Melalui Pembelajaran Arab Pegon”, Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 1, 2019

Endah Wahyu Sugiharti et al. “Analisis Model Pembelajaran Klasikal Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini di RA Darussa’adah Tulungagung”, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 8, No 2, 2021

Ensiklopedi NU, Amtsilati Metode Baru Ngaji Nahwu, 6 Juni 2022. http://www.nu.or.id/a,publicdinamic-s,pdf.

Farida Nugrahani. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta, 2014 Ina Magdalena et al. “Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya”. Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol. 2 No. 2, 2020

Irawan, “Klasifikasi Model dan Teknik Evaluasi Pembelajaran”. Jurnal Islamika, Mei 2017 M. Fahrurrozi dan Siti Nur Laili Rahmawati. “Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Ekonomi”. Jurnal Profit Vol. 8 No. 1, 2021

M. Misbah, “Taufiqul Hakim Amtsilati dan Pengajaran Nahwu-Sharaf”, Insania, Vol 3. No. 3, 2006

M. Misbah. “Taufiqul Hakim “Amtsilati” dan Pengajaran Nahwu Sharaf”, Jurnal Insania. Vol. 11 No. 3, 2006

Matthew B. Miles. A Michael Huberman & Johnny Saidafia. Qualitative Data Analysis A Methods Sourchebook. United Kingsom: SAGE Publication inc. 2014

Maulana Restu dan Siti Wahyuni, “Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Membaca Kitab Kuning Fathul Qorib Bagi Pemula di Pondok Pesantren Sidogiri Salafi Kabupaten Pasuruan”, Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Vol. 9. No.3. Desember 2019

Roviatul Adawiyah, et al. “Metode Amtsilati Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning”. Jurnal Imtiyaz, Vol. 6, No. 01, 2022

Serlis Rusandi, “Pola Pendekatan Evaluasi Hasil Belajar Siswa di Sekolah”. Jurnal Bawi Ayah Vol.

, No. 1, 2017

Siti Nurohmah, “Penggunaan Metode Amtsilati Dalam Pembelajaran Qowa’id (Nahwu dan Sharaf) di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Purwokerto Kabupaten Banyumas”, Skripsi, IAIN Purwokerto, 2019

Sugiyono. Metode Penelitan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2018

Syarboini. “Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kuning di Ma’had Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe Provinsi Aceh”. IQTAN, Vol 11. No. 1, 2020

Tufiqul Hakim, Amtsilati: Metode Praktis Mndalami Al-Qur’an dan Membaca Kitab Kuning jilid 1, Jepara: Al-Falah Offset, 2003

Wahyu Najib Fikri. Efektivitas Pembelajaran Metode Amtsilati dalam Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2016

PlumX Metrics

Published
2023-12-29