Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Video di SMPN 1 Balong Ponorogo

  • Siti Zazak Soraya Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Yuyun Sukmawati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 689 , PDF downloads: 939

Abstract

Pengajaran pendidikan agama Islam biasanya hanya melibatkan ceramah dan kurang memanfaatkan media pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif dan menarik bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik di SMP Negeri 1 Balong kelas VIII A dengan mengimplementasikan media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis video. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data menggunakan interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondesasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Untuk pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video sebagai media pembelajaran meningkatkan antusiasme peserta didik dan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam. Selain itu, penggunaan media pembelajaran berbasis video juga meningkatkan efektivitas dan efisiensi guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik.

References

Anita, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta.

Fauzi, Y., Lisnawati, S., & Rofi’ah. (2019). Strategi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Islamisasi Ilmu Pengetahuan Di Era Revolusi Industri 4.0, 1, 41–49.

Hanif, A., & Fauzi. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual pada Mata Pelajaran PAI di SMP IT Mutiara Ilmu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1616–1622. https://doi.org/doi.org/10.58258/jime.v8i2.3261

Harahap, A. S., Hafizhoh, N., Agustian, & Utami, D. (2020). Pembelajaran PAI Berbasis Daring (Studi tentang Inovasi Pendidikan dalam Mengelola Media Pembelajaran di SMP Baitul Aziz Tembung). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 1(2), 82–97. https://doi.org/doi.org/10.51672/jbpi.v1i2.4

Haryanto, S. A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Padamata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ittihadiyah Mamiyai Medan. Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 66–80.

Maryanti, W., Nisrokha, & Wahyudin. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Wudhu di MTs Nurul Ulum Warureja Tegal. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–63.

Miles, M. B., Huberman, A.M., Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A method sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks: Sage Publications.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widad, F., Ibrahim, M., Thamrin, M., & Kasiyun, S. (2021). Widad, F., Ibrahim, M., Thamrin, M., & Kasiyun, S. (2021). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Melalui Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3263-3268. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3263–3268.

PlumX Metrics

Published
2023-06-30