Menakar Peluang dan Tantangan dalam Membidik Strategi Pendidikan Islam di Era Globalisasi

  • Rifqi Nur Alfian SMKN 1 Kebonsari Madiun
  • Mughniatul Ilma Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 654 , PDF downloads: 802
Keywords: Pendidikan Islam, Globalisasi, Peluang, Tantangan, Strategi

Abstract

Globalisasi tidak selalu berdampak buruk bagi perkembangan pendidikan Islam. Di satu sisi, ia dapat menghadirkan dampak positif yang disebut dengan peluang. Di sisi lain, ia juga dapat mendatangkan kelemahan yang dapat disebut sebagai tantangan. Para pakar pendidikan Islam harus mampu memperkirakan beragam bentuk peluang dan tantangan yang ada akibat gempuran globalisasi yang tak dapat terhindarkan. Hal ini penting dilakukan untuk menyusun strategi khusus agar pendidikan Islam tetap dapat menjalankan visi misinya dalam membentuk insan kāmil yang ber-akhlāqul karīmah dan bahagia di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, pendidikan Islam diharapkan dapat bersinergi dengan berbagai aspek modernitas agar tidak tergerus oleh zaman karena tidak dapat dipungkiri bahwa peserta didik pun mulai terjamah oleh segala bentuk modernitas dalam bidang fun, fashion, dan food. Pendidikan Islam harus mampu mengambil peran dalam mengendalikan modernitas agar tidak mengesampingkan nilai-nilai agama dan mampu menghadirkan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bagian dari kemajuan era globalisasi.

References

Aini, Ajibah Quroti. “Sistem, Tantangan Dan Prospek Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan.” Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1, no. 2 (15 Desember 2022): 94–113. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.690.

Asiyah, Nur. “Analisis Kritis Pemikiran Pendidikan Progresif Abdurrahman Wahid.” Journal of Islamic Studies and Humanities 6, no. 1 (29 Juni 2021): 32–43. https://doi.org/10.21580/jish.v6i1.8147.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2000.

Baharudin. Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2011.

Basyar, Syaripudin. “Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 8, no. 1 (16 Oktober 2018): 1–19. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3075.

Gaus, Djulaiha. “Pendidikan Islam Indonesia dan Tantangan Globalisasi: Perspektif Sosio-Historis.” Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 2, no. 1 (12 Juni 2017): 13–22. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.21.

Idi, Abdullah, dan Toto Suharto. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.

Khosiin, Khamam. Pendidikan Islam: Dinamika dan Tantangan Masa Depan. Malang: Inteligensia Media, 2021.

Masduki, Masduki, dan Masduki. “Pendidikan Islam Dan Kemajuan Sains: Historisitas Pendidikan Islam Yang Mencerahkan.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (1 Desember 2015): 261–75. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.261-275.

Muzayyin, Arifin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2008.

Nurhayati, Nurhayati. “Tantangan Dan Peluang Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 7, no. 1 (27 Februari 2018). https://doi.org/10.30984/jii.v7i1.605.

Primayanti, Ade Imelda. “Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Problematika Globalisasi.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 12, no. 1 (15 April 2015): 46–60. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1447.

Rahim, Abdan. “Peran Madrasah Sebagai Pendidikan Islam Masa Kini (Studi Tradisi dan Perubahan).” At-Ta’dib 9, no. 2 (26 Januari 2016). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.312.

Rahman, Amir. “Reformasi Dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 7, no. 2 (2 Februari 2017): 75. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).75-88.

Sabtina, Desi. “Problematika Pendidikan Islam di Era Globalisasi dan Alternatif Solusinya.” Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan 7, no. 2 (1 Juni 2023): 95. https://doi.org/10.47006/er.v7i2.13181.

Safira, Syifa, Fatihatus Solihah, Devia Aini Nur Syiffa, dan H. E. Syarifudin. “Pendidikan Islam Dalam Era Globalisasi.” Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2, no. 7 (13 Mei 2023). https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3280.

Sholeh, Sholeh. “Konsep Pendidikan Islam yang Ideal: Upaya Pembentukan Keperibadian Muslim.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13, no. 1 (15 April 2016): 52–70. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1511.

Subhan, Fauti. “Memahami Pendidikan Islam.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (20 April 2013): 141–60. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.1.547.

Suriana, Suriana. “Pendidikan Islam Di Era Globalisasi: Menggapai Peluang, Menuai Tantangan.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 4, no. 2 (30 Desember 2014): 356–75. https://doi.org/10.22373/jm.v4i2.294.

Suryadi, Ahmad, Muljono Damopolii, dan . Salahuddin. “Modernisasi Dan Demokratisasi Pendidikan Islam Menurut Fazlur Rahman.” Jurnal Pendidikan Kreatif 2, no. 1 (1 Juni 2021): 31–43. https://doi.org/10.24252/jpk.v2i1.22545.

Ulya, Vita Fitriatul. “Pendidikan Islam Di Indonesia: Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan.” Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 8, no. 2 (2018): 136–50. https://doi.org/10.36835/hjsk.v8i2.3379.

Zubaedi. Isu-Isu Baru Dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam Dan Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

PlumX Metrics

Published
2023-06-30