Nilai-nilai Ketawadhuan dalam Tradisi Pesantren Ar-Risalah Bandung untuk Pengembangan Kultur Religius Sekolah
Abstract
References
Adianto, G. (2019, februari 22). https://enamplus.liputan6.com/. Retrieved from liputan6.com: https://enamplus.liputan6.com/global/read/3901075/video-ponsel-disita-siswa-nekat-melawan-guru.
Al-Attas, M. N. (1992). Konsep Pendidikan Islam: Suatu Kerangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Mizan.
Azharghany, R. (2020). KONSUMSI YANG SAKRAL: Amalan dan Air Doa sebagai Terapi Religius. At-Turāṡ: Jurnal Studi Keislaman, 138-176.
Bukhary, I. (1995). Shahih Bukhary, Juz IV. Beirut: Darul Fikr.
Burdah, I. (2013). Pendidikan Karakter Islami Untuk Siswa SMP/MTs. Jakarta: Erlangga.
Chaer, Y. D. (2018). Sabar dalam Perspektif Islam dan Barat. jurnal online kopertais wilayah iv, 233-244. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/231310642.pdf
Chaterine, R. N. (2021, november 02). https://nasional.kompas.com. Retrieved from kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2021/11/02/14235821/kecam-kejadian-guru-pukul-murid-hingga-tewas-kemendikbud-ristek-singgung-3
Djaelani, H. T. (1980). Peningkatan Mutu Pendidikan Dan Pembangunan Perguruan Agama. Jakarta: Dermaga.
dkk, N. R. (2013). Pendidikan Karakter Wacana dan Kepengaturan . Yogyakarta: Mitra Media
Hidayah, L. (2020). Konsep Akhlak Murid Terhadap Guru (Studi Komparasi Antara Kitab Âdâb Al-„Âlim Wa Al-Muta‟Alim Dan Kitab Taisirul Al-Khallâq. Ponorogo: Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Indonesia, N. G. (2019, februari 13). https://nationalgeographic.grid.id/. Retrieved from National Geographic Indonesia: https://nationalgeographic.grid.id/read/131635159/kasus-siswa-menantang-guru-di-gresik-mengapa-aksi-ini-bisa-terjadi.
Kamila, I. N. (2016). Relevansi Tujuan Pendidikan Islam Dengan Konsep Sabar Menurut Imam Al-Gazâlî Dalam Kitab Ihya Ulumuddin. (Vol. 1). Ciamis: Tarbiyah Al-Aulad.
Lellya, S. &. (2021). Konsep Ta‟limul Muta‟alim Dalam Kultur Adab Perguruan Tinggi Islam Di Kalimantan Selatan. Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 19(1), 128.
Madjid, N. (1992). Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemoderenan. Jakarta: Yayasaka Wakaf Paramadina.
Mas'udi, H. A. (2012). Akhlak Mulia Terjemahan Taysirul Khallaq Jawa Pegon dan Terjemah Indonesia. Surabaya: Al-Miftah.
Moleong, L. J. (2008). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nafi‟ah, D. (2018). Etika Pelajar terhadap Guru Menurut KH. Hasyim Asy‟ari dan Relevansinya dengan pendidikan Karakter. Surakarta: Skripsi.
Nafi‟ah, D. (2018). Etika Pelajar terhadap Guru Menurut KH. Hasyim Asy‟ari dan Relevansinya dengan pendidikan Karakter. Surakarta: Skripsi.
Nafisah. (2011). Hubungan Keteladanan Guru Dengan Ketawadhuan Siswa Pada Guru Di Mts Al– Manar Tengaran Semarang. Tarbiyah, 67-74.
Nasution, s. (1999). Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahman, M. S. (2009). Etika Berkomunikasi Guru Dan Peserta Didik Menurut Ajaran Agama Islam. Jurnal Iqra’ Vol.3 No.1, 53-65.
Rohim, S. (2014). Pertunjukan Imam Sholat Dan Tafsir Politik Jamaah. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, Volume 14, Nomor 1, Juni 2014, 91-108.
Sahlan, A. (2010). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN Maliki Press.
Septiyana, D. (2022). Skripsi Penerapan Indirect Teaching Dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa Di Mts Wahid Hasyim Balung Jember. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.
Shadily, H. (1980). Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 22-24.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jogyakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syakhrani, A. W. (2022). Petunjuk Rasulullah Saw Tentang Tugas Dan Kewajiban Peserta Didik. Educatioanl Journal: General And Specific Research, 298-306.
taymiyyah, s. a.-i. (1966). AL-FATAWA AL-KUBRA. arabic: Dār al-Kutub al-Ḥadīthah.
Zarah Adawiah, U. H. (2021). Implikasi Adab Mencium Tangan Berdasarkan Hadist Riwayat Abu Dawud No. 4540 terhadap Peran Pendidikan Keluarga dalam Mendidik Anak. prosiding pendidikan agama islam, 180.