Internalisasi Nilai-nilai Islam Moderat dalam Proses Pendidikan Islam di Indonesia

  • Muhammad Heriyudanta Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 207 , PDF downloads: 201
Keywords: Internalisasi, Nilai-Nilai Islam Moderat, Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini, pertama, untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai Islam moderat. Kedua, untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana nilai-nilai Islam moderat diinternalisasikan dalam proses pendidikan Islam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Data diambil dari berbagai sumber literatur ilmiah seperti buku, jurnal, dan berbagai jenis karya ilmiah yang relevan dengan kajian penelitian. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan filosofis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode analisis isi. Hasil penelitian ini adalah, Pertama, nilai-nilai Islam moderat meliputi tawassuth, tawazun, i'tidal, tasamuh, musawah, syura, islah, awlawiyah, qudwah, tahadur, dan sebagainya. Kedua, penyisipan nilai-nilai Islam moderat dalam lembaga pendidikan Indonesia dilakukan dengan membangun lingkungan pendidikan moderat dengan menghadirkan guru dan tenaga kependidikan yang moderat. Selain itu, penyisipan nilai-nilai Islam moderat yang kedua dapat dilakukan melalui kurikulum pendidikan Islam yang menjadi acuan dalam proses pembelajaran sehari-hari di lingkungan lembaga pendidikan Islam. Misalnya memasukkan nilai-nilai Islam moderat melalui tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

References

Akhmadi, Agus. “MODERASI BERAGAMA DALAM KERAGAMAN INDONESIA RELIGIOUS MODERATION IN INDONESIA’S DIVERSITY.” Jurnal Diklat Keagamaan 13, no. 2 (2019).

Boiliu, Fredik Melkias. “Peran Pendidikan Agama Agama Kristen Sebagai Strategi Dalam Menangkal Radikalisme Agama Di Indonesia” 6, no. 2 (2020).

Chomsah, Aida. “Sekjen Kemenag RI, Ini Konsep Moderasi Beragama Kemenag,” 2022. https://ntt.kemenag.go.id/berita/519929/sekjen-kemenag-ri-ini-konsep-moderasi-beragama-kemenag.

Indonesia, CNN. “Daftar Kasus Ledakan Bom Di Indonesia 2 Dekade Terakhir,” 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210328150157-20-623072/daftar-kasus-ledakan-bom-di-indonesia-2-dekade-terakhir.

Karim, Hamdi Abdul. “Implementasi Moderasi Pendidikan Islam Rahmatallil ’Alamin Dengan Nilai- Nilai Islam.” RI‟AYAH 4, no. 1 (2019).

Kementerian Agama Republik Indonesia. Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam. Edited by Saepullah Papay Supriatna, Alip Nuryanto. 1st ed. Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Bekerjasama dengan Lembaga Dauat Bangsa, 2019.

Mursidin. “Insersi Nilai Wasathiyyah Dalam Moderasi Beragama Pada Proses Pendidikan Dan Pembelajaran Di Madrasah,” 2021. http://pendis.kemenag.go.id/read/insersi-nilai-wasathiyyah-dalam-moderasi-beragama-pada-proses-pendidikan-dan-pembelajaran-di-madrasah.

MURTADLO, MUHAMAD. PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA: MEMBANGUN HARMONI, MEMAJUKAN NEGERI. Jakarta: LIPI Press, 2021.

Nikmah, Fitrotun. “IMPLEMENTASI KONSEP AT TAWASUTH AHLUS- SUNNAH WAL JAMA’AH DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (STUDI ANALISIS KHITTAH NAHDLATUL ULAMA).” Jurnal Tarbawi 15, no. 1 (2018).

Nugroho Hari Murti, Vika Nurul Mufidah. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Beragama Pada Peserta Didik Di SMK Kesatuan Rawa Buaya Cengkareng Jakarta Barat.” MOZAIC ISLAM NUSANTARA 8, no. 2 (2022). file:///C:/Users/user/Downloads/599-Article Text-1763-1-10-20230201.pdf.

S Anwar, R. N., & Muhayati. “Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2021).

Soetomo, Greg. “Radikalisme Di Indonesia: Sejarah Rekonstruksi Dan Dekonstruksi.” Jurnal Indo-Islamika 6, no. 1 (2016).

Stempel, Guide H. Content Analysis. Edited by terj. Jalaludin Rahmat dan Arko Kasta. Bandung: Arai Komunikasi, 1983.

Yasid, A. Membangun Islam Tengah: Refleksi Dua Dekade Ma’had Aly Situbondo. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2010.

Zamimah, Iffati. “MODERATISME ISLAM DALAM KONTEKS KEINDONESIAAN(Studi Penafsiran Islam Moderat M. Quraish Shihab).” Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 1, no. 1 (2018).

PlumX Metrics

Published
2023-12-29