Inculcating Islamic Religious Values to Students During the COVID-19 Pandemic: Between Challenge and Effort
Abstract
References
Asbar, Andi Muhammad. “Nilai Aqidah, Ibadah, Syariah Dan Al-Dharuriyat Al-Sittah Sebagai Dasar Normatif Pendidikan Islam.” AJIE: Al-Gazali Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2022): 87–101.
Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press, 2012.
Basuki, and Miftahul Ulum. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo: STAIN Po Press, 2007.
Batubara, Beby Masitho. “The Problems of the World of Education in the Middle of the Covid-19 Pandemic.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) 4, no. 1 (2021): 450–57.
Da’i, Rahmat Ardi Nur Rifa, and Dyah Elisa Rosanti. “The Values of Islamic Religious Education and Their Relation to Religious Harmony (Study on QS. Al-Kafirun the Perspective of Tafsir Al-Azhar Buya Hamka).” In Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 2:1053–60. Yogyakarta, 2023.
Dhaifi, Ilzam. “Studi Analisis Dampak Pademi Covid-19 Terhadap Eksistensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Indonesia.” Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 5, no. 1 (2020): 45–53.
Fadhal, Soraya. “Hambatan Komunikasi Dan Budaya Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19.” In Kolaborasi Lawan (Hoaks) COVID-19: Kampanye, Riset Dan Pengalaman Japelidi Di Tengah Pandemi, 273–90. Yogyakarta: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM, 2020.
Fitri, Agus Zaenul. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Hairuddin. “Pendidikan Itu Berawal Dari Rumah.” Jurnal Irfani 10, no. 1 (2014): 75–91.
Jurriens, Edwin, and Ross Tapsell. Digital Indonesia: Connectivity and Divergence. Singapore: ISEAS Publishing-Yusof Ishak Institute, 2017.
Kothari, C R. Research Methodology: Methods and Techniques. Jaipur India: New Age International Publisher, 2004.
Lickona, Thomas. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggungjawab. Translated by Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Lubis, Mawardi. Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasisiwa PTAIN. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Miles, Mathew B., and A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. Translated by Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press, 1992.
Mulyana, Rohmat. Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.
RI, Kementerian Agama. Lampiran Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah (n.d.).
RI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (n.d.).
Rulandari, Novianita. “The Impact of the Covid-19 Pandemic on the World of Education in Indonesia.” Ilomata International Journal of Social Science 1, no. 4 (2020): 242–50.