Strategi Membangun Brand Image Sekolah Berbasis Pesantren (Studi di SMA Syubbanol Wathon Secang Magelang)

  • Riza Zahriyal Falah Institut Agama Islam Negeri Kudus Jawa Tengah Indonesia https://orcid.org/0000-0001-5292-5898
  • Ichwanul Muchlisin Institut Agama Islam Negeri Kudus Jawa Tengah Indonesia
  • Dewi Indriyani Institut Agama Islam Negeri Kudus Jawa Tengah Indonesia
  • Vicky Ulyahimawati Institut Agama Islam Negeri Kudus Jawa Tengah Indonesia
  • Muhammad Mafaza Bihadil Haq Institut Agama Islam Negeri Kudus Jawa Tengah Indonesia
Abstract views: 418 , PDF downloads: 376
Keywords: Citra Sekolah, Manajemen Sekolah, Media Publikasi Sekolah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi brand image yang dilakukan oleh SMA Syubbanul Wathon Secang Magelang, media promosinya dan manajemen sekolahnya yang berbasis pesantren. Persaingan antar lembaga Pendidikan, terutama pada lembaga pendidikan formal, membuat lembaga selalu melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas lembaga, untuk memiliki image yang baik dikalangan masyarakat dan pengguna lulusan/alumni. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualiltatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian dalah guru yang terdiri dari dari guru SMA Syubbanul Wathon dan guru di lingkungan pesantren Syubbanul Wathon tempat siswa tinggal. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, display/penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitain menunjukkan bahwa SMA Syubbanol Wathon sudah menerapkan strategi branding dengan cara menggunakan peran alumni,melengkapi fasilitas sekolah,memenuhi SDM  pendidik maupun peserta didik,biaya sekolah yang terjangkau dan adanya kegiatan ekstrakulikuler yang menunjang minat bakat siswa. Media publikasinya menggunakan peran alumni,sosialiasasi dan media sosial (Instagram,Tiktok,Website dan Twitter). Manajemen sekolah berbasis pesantren yang dilaksanakan di SMA Syubbanul Wathon dilaksanakan secara kolaboratif antara guru SMA dan pengurus pesantren dengan bentuk penataan jadwal, penyelarasan materi dan metode pembelajaran, pengawasan dan pembinaan secara bersama-sama, dan bentuk kegiatan yang saling menunjang.

Author Biography

Riza Zahriyal Falah, Institut Agama Islam Negeri Kudus Jawa Tengah Indonesia
https://scholar.google.co.id/citations?user=wm8UmjEAAAAJ&hl=id

References

Abdurrohman, Susilo, & Labulan. (2017). MANAJEMEN KELEMBAGAAN DAN AKADEMIK LEMBAGA PENDIDIKAN MA ’ ARIF NAHDLATUL ULAMA KOTA SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR. 2(3).

ABIDIN, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

Bilqis, A., & Rivo, N. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di Sma Islam Nurul Amanah Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–8.

Budiarti, Erna, Dian Anggreini, Deni Agus Panca Susanti, Yunita Damayanti, and Yunita Yunita. “Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Di Indonesia.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 5 (2023): 3568–76. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2074.

Cahyani, K. S. D., Muljani, N., & Lukito, R. S. H. (2022). Pengaruh Brand Image, Service Quality Dan Perceived Value Terhadap Brand Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Gojek Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 11(1), 78–89. https://doi.org/10.33508/jumma.v11i1.3884

Dapodikbud., T. (n.d.). Sekolah Kita SMA Syubbanol Wathon.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th ed. New York: SAGE Publication, 2014.

Eni. (1967). PENGARUH FASILITAS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 PENDOPO PAL. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(Mi), 5–24.

Fudin, A. (n.d.). Wawancara,14 Juni 2023.

Hermawan, R. (2010). Pengembangan SUmber Daya Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 12, 1–17.

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649

Katarina Shinta Dwi Cahyani, Ninuk Muljani, and Robertus Sigit Haribowo Lukito. “Pengaruh Brand Image, Service Quality Dan Perceived Value Terhadap Brand Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Gojek Di Surabaya.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA 11, no. 1 (2022): 78–89. https://doi.org/10.33508/jumma.v11i1.3884.

KEMENDIKBUD. “SMA SYUBANUL WATHON.” 2023, n.d.

kompasiana. (n.d.). Website. 2022.

Laily Nuril Ayunisa dan Muhamad Sholeh. “Strategi Lembaga Pendidikan Formal Dalam Meningkatkan School Branding Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 10, no. 01 (2022): 59–72.

Media, M., Sdit, S., & Rosyida, T. (2022). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman. 167–181.

Mustika. (2020). Strategi Membangun School Branding Dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Di Smk Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Manajerial Bisnis, 4(1), 11–19. https://doi.org/10.37504/jmb.v4i1.278

Nuroni, A. M. (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Keunggulan Bersaing pada Hotel Sumber Alam Cipanas Garut. Jurnal Wacana Ekonomi.

Pohan, S. (2018). Manajemen Sekolah: Wujudkan Guru Profesional. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 51. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i2.265

Ponorogo, I. (2021). MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 1, Juni 2021. 2, 34–49.

Rizkiyah, R., Istikomah, I., & Nurdyansyah, N. (2020). Strategies to Build a Branding School in Efforts to Improve the Competitiveness of Islamic Education Institutions. Proceedings of The ICECRS, 7, 1–7. https://doi.org/10.21070/icecrs2020366

Rosiana, Komaruddin, S. (2022). Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 1 Januari 2022. 1(1), 130–147.

Rozi. (2023). Pesantren Asrama (API) Tegalrejo,Magelang. Sabtu,27 Januari 2023.

Said, A., Basri, H., Bimbingan, J., Islam, K., Dakwah, F., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2011). Eksistensi Dan Peran Alumnidalam Menjaga Kualitas Mutu Fakultas Dakwah. Jurnal Dakwah, XI(1), 137–158.

Setiawan, R., & Husna, J. (n.d.). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DALAM BENTUK POSTER DAN BROSUR PERPUSTAKAAN SEKOLAH : KAJI TINDAK PERPUSTAKAAN SMP ISLAM HIDAYATULLAH BANYUMANIK SEMARANG.

Sugiyanto, N. W., & Santosa, S. (2021). Strategi Pemasaran Sekolah Berbasis Pesantren. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 13(1), 90–115. https://doi.org/10.37252/an-nur.v13i1.105

Susetyarsi. (2011). Strategi Penetapan Posisi (Positioning). Jurnal Stie Semarang, Vol 3, No 2, Edisi Juni 2011, 3(2), 1–13.

Usmany, I. Y. B., Daryanto, E., & Mudjisusatyo, Y. (2019). Analisis Pembiayaan Pendidikan di SDN 106804 Percut Sei Tuan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1).

Usup, U., Utami, D., & Mardani, D. (2023). Strategi Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Bogor. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 257–269.

Wathon, S. (n.d.-a). Brosure PSB.

Wathon, S. (n.d.-b). Tiktok. 2023.

Wathon, SMA Syubbanol. (n.d.). Instagram. 2023.

Wathon, SMA Syubbanul. (n.d.-a). Website. 2023.

Wathon, SMA Syubbanul. (n.d.-b). Youtube. 2023.

Wathon, SMA Syubbanul. (2023). Media Sosial. Instagram. https://www.instagram.com/smasw.tegalrejo/?hl=en

Zamrodah, Y. (2016). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren. 15(2), 1–23.

PlumX Metrics

Published
2023-12-29