Pendidikan Islam Perspektif Filosof Islam Klasik sebagai Model Pengembangan Pendidikan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21154/maalim.v5i2.9742Abstract
Maraknya kasus bullying yang akhir-akhir ini telah melanda berbagai institusi pendidikan di Indonesia menunjukkan bahwa masih lemahnya pendidikan akhlak dan spiritual di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang model pendidikan Islam prespektif filosof Islam klasik sebagai model pengembangan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumen, manuskrip, jurnal dan buku yang relefan dengan topik kajian. Analisis data dilakukan dengan mengurutkan, mengelompokkan, memberi kode dan kemudian dicari tema-tema yang sesuai untuk dilakukan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan Islam prespektif filosof Islam klasik berfokus pada pengembangan aklhak dan spiritualitas manusia. Oleh karenanya, dalam konteks keIndonesiaan, pendidikan yang berorientasi pada pengembangan spiritualitas dan akhlak anak didik sangat dibutuhkan, sebab model pendidikan Islam prespektif filosof Islam klasik dapat menumbuhkan rasa kemanusiaan dan persaudaraan antar anak didik.
References
Ahmadi, Salman, and Muhammad Alinafiah. “Filsafat Dan Sains Islam.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.178.
Ahsanul Anam. “Konsep Ilmu Menurut Al-Ghazali.” Progresa 6, no. 2 (2022).
Astutik, Ulya Wiji, and Erry Nurdianzah. “Spiritual Approach to Improve Anti-Bullying Based Learning at MTs NU Nurul Huda Kudus.” Jurnal Progress: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas 12, no. 1 (June 10, 2024): 19. https://doi.org/10.31942/pgrs.v12i1.10697.
Azhari, Devi Syukri, and Mustapa Mustapa. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 4, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865.
Azizah, Nurul, Erry Nurdianzah, Mirza Mahbub Wijaya, Tomi Azami, and Anas Rohman. “Religious Moderation in The Industrial Era 4.0: Deradicalization Through The Development of Intellectual Traditions at Fadhlul Fadhlan Islamic Boarding School Semarang.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 20, no. 2 (2023): 233–46. https://doi.org/10.14421/jpai.v20i2.7771.
Creswell, John W., and J. David Creswell. Research Design:Qualitative,Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1967.
Fuadi, Ahmad. “Studi Islam (Islam Eksklusif Dan Inklusif).” Ö Jurnal Wahana Inovasi 7 (2018).
Hanin Hamjah, S., S. N.A. Mohd Arifin, Z. Ismail, K. A. Mastor, R. Mohamad Rasit, and Zaizul Ab. Rahman. “Islamic Spiritual Approach in Developing a Positive Mindset.” International Journal of Innovation, Creativity and Change 10, no. 10 (2020).
Harahap, Khairunnisa, and Salminawati. “Sumber- Sumber Filsafat Islam Urgensi Filsafat Islam Serta Tokoh-Tokoh Filsafat Islam.” Journal Of Social Research 1, no. 4 (2022). https://doi.org/10.55324/josr.v1i4.78.
Kemendikbud. “UU Sistem Pemdidikan Nasional, No 20 Tahun 2003.” file:///C:/Users/Dell/Downloads/2019_11_1203_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3.pdf,2003. file:///C:/Users/Dell/Downloads/2019_11_12-03_49_06_9ab7e1fa524ba6 03bc2cdbeb7bff93c3.pdf.
Kusuma, Al Halim, and Laila Rahmadani. “Imam Al-Ghazali Dan Pemikirannya.” Jurnal Ekshis 1, no. 1 (2023). https://doi.org/10.59548/je.v1i1.18.
McComas, William F. “Programme for International Student Assessment (PISA).” The Language of Science Education, 2018, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69.
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis (Terjemahan. Jakarta: UI Press, 2014.
Mubin, Mohammad Sukron. “Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi.” JURNAL REFORMA 9, no. 2 (2020). https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.319.
Mulia, Harpan Reski. “Pendidikan Karakter: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih.” Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan 15, no. 1 (2019). https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.341.
Natasya, Azzahra, Tiara Putri, Rizki Putri Jasmin Siahaan, and Ardina Khoirunnisa. “Filsafat Ilmu Dan Pengembangan Metode Ilmiah.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, no. 1 (2022). https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3932.
Nisrokha. “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Komparatif Pemikiran Al-Ghozali Dan Ibnu Miskawaih).” Jurnal Madaniyah 1, no. XII (2017).
Nizar, Nizar, Barsihannor Barsihannor, and Muhammad Amri. “Pemikiran Etika Ibnu Miskawaih.” Kuriositas: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 10, no. 1 (2017). https://doi.org/10.35905/kur.v10i1.584.
Nurdianzah, Erry. “Embracing Diversity: Implementing Inclusion-Based Islamic Education at SMALB Semarang to Meet Diverse Student Needs.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 16, no. 2 (2024): 2366–78. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5126.
———. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Jawa (Kajian Historis Pendidikan Islam Dalam Dakwah Walisanga).” Jurnal PROGRESS 8, no. 1 (2020).
Nurdianzah, Erry, Nurul Azizah, and Laila Ngundung Zulfa. “Maximizing the Use of Educational Media in Forming Anti-Bullying Values in School in Post-Truth Era.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 9 (2024). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ath.v9i1.33798.
Nurdianzah, Erry, Syamsul Ma’arif, and Mahfud Junaedi. “Integration of Madrasah Diniyah Al-Furqon with Formal Education in Developing Students Religious Character in the Disruption Era.” Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi) 10, no. 1 (June 28, 2024): 98–111. https://doi.org/10.18784/smart.v10i1.2131.
Nurdianzah, Erry, Mahbub Wijaya Mirza, and Rohman Anas. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Sejarah Dakwah Nabi Muhammad Di Madinah Sebagai Sarana Peneneman Karakter Pada Remaja.” Jurnal Progress: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas 11, no. November (2023): 163–76. https://doi.org/10.31942/pgrs.v11i2.9865.
Ramli, Mohammad, and Della Noer Zamzami. “Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2669.
Rosa, Nikita. “Data Kasus Bullying Di Sekolah, FSGI: 50% Di Jenjang SMP.” detikEdu, 2023. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6962155/data-kasus-bullying-di-sekolah-fsgi-50-di-jenjang-smp.
Rouf, Abd. “Potret Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 3, no. 1 (2016). https://doi.org/10.15642/pai.2015.3.1.187-206.
Sahri, Sahri. “Political Thought of Al-Ghazali on Imamah: Debate between Theocracy and Democracy.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 77, no. 3 (2021). https://doi.org/10.4102/hts.v77i3.6338.
Shirley, Khumaidah, and Nika Hidayati Rachma. “Perbandingan Pemikiran Ibnu Khaldun Dan Al-Ghazali Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Indonesia.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 2 (2021).
Suban, Alwan. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13760.
Sutarto, Dendi. “Konflik Antara Agama Dan Sains Dalam Perspektif Filsafat Sosial.” Jurnal Trias Politika 2, no. 1 (2018). https://doi.org/10.33373/jtp.v2i1.1236.
Usman, Ismail K. “Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih Dan Ibnu Khaldun.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 5, no. 2 (2018). https://doi.org/10.30984/jii.v5i2.570.
Wardani, Wardani. “Integrasi Ilmu Keislaman Dan Filsafat: Perspektif Filsafat Ilmu.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 18, no. 1 (2019). https://doi.org/10.18592/jiiu.v18i1.3014.
Worldtop20. “International Education Database,” 2023. https://worldtop20.org/education-database/.