Pendidikan Humanistik pada Santri di Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi Salatiga

Authors

  • Maulida Nurul Hidayah Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Purnomo Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.21154/maalim.v5i2.9792

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penerapan dan langkah-langkah pendidikan humanistik pada santri di Pondok Pesantren Manabi'ul Qur'an Melati Rahayuning Budi di Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Informan penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, dan santri pondok pesantren Manabi'ul Qur'an Melati Rahayuning Budi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk penerapan pendidikan humanistik di Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi berupa adanya kesadaran diri dan rasa kemanusiaan, kebebasan menghafal Al-Qur’an sesuai kemampuan, saling menghargai, dan tidak diskriminasi. Langkah-langkah penerapan pendidikan humanistik di Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi yaitu pemberian nasihat, meditasi, pengingat untuk istikamah dan mendekatkan diri kepada Allah Swt., serta pemberian hadiah dan hukuman.

References

Abdullah, Ahmad & Nurhaeni DS. “Pendidikan Humanis dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Islamic Resources 17, no. 2 (2020): 76–94.

Al Qorniy Harahap, Hasrul Al. “Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Pembinaan Perilaku Etis Islami di Sekolah.” Eduprof: Islamic Education Journal 5, no. 1 (2023): 213–27.

Anggraini, Garin Ocshela, dan Wiryanto. “Analisis Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Konsep Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 15, no. 1 (2021): 33–45. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549.

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. 2nd ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Armedyatama, Fikri. “Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” An-Nuha: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2021): 11–18. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.12.

Bisman Ritonga, Ahmad Syahri Mubarak, Hasan Basri. “Pendekatan Humanistik dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Al-Murabbi 8, no. 2 (2023): 11–24. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i1.3477.

Budiono. “Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 7, no. 1 (2017): 42–53. https://doi.org/10.33367/intelektual.v7i1.360.

Ekawati, Mona, dan Nevi Yarni. “Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik dan Implikasi pada Proses Belajar dan Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 2, no. 2 (2019): 266–69. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.482.

Firdaus. “Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 1 (2020): 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882.

Hastutiningsih, Puji, Indah Wigati Putri, dan Endang Fauziati. “Implementasi Pendidikan Humanis pada Pembelajaran Perhiasan di SMK Negeri 9 Surakarta.” Sukma: Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2021): 79–94. https://doi.org/10.32533/05105.2021.

Herwina Damayanti, Tajudin Nur, Yayat Herdiana. “Penerapan Pendidikan Humanisme dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam.” As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4, no. 3 (2022): 610–16.

Ichsan, Hanif Choirul. “Pendidikan Nilai Humanis di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 2, no. 1 (2018): 36–44. https://doi.org/10.21831/diklus.v2i1.23647.

Irawan, Redi, and Totok Agus Suryanto. “Aplikasi Teori Humanistik Abraham Maslow dan Aktualisasi Diri Di Kalangan Mahasantri Intensif Al-Amien Prenduan Sumenep.” Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 3, no. 1 (2022): 31–46. https://doi.org/10.28944/hudanlinnaas.v3i1.630.

Irmayanti. “Humanistic Learning Theory in Islamic Religious Education With a Cooperative Learning Approach.” IJGIE: International Journal of Graduate of Islamic Education 2, no. 1 (2021): 1–10. https://doi.org/10.37567/ijgie.v2i1.278.

Kalsum, dkk. “Hakekat Manusia dan Dimensi-Dimensi Pendidikan Humanistik dalam Pandangan Islam.” Jurnal Faidatuna 5, no. 1 (2024): 37–53.

Karim, Abdul, dan Retno Susilowati. “Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMK Se-Kecamatan Margoyoso Pati).” IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching 5, no. 1 (2021): 107–18. https://doi.org/10.21043/ji.v5i1.10960.

Ketut Bali Sastrawan, Kadek Hengki Primayana. “Urgensi Pendidikan Humanisme dalam Bingkai A Whole Person.” Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis 1, no. 1 (2020): 1–12. https://learn-quantum.com/EDU/index.html%0Ahttp://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Aht.

Mahfudho, Siti, Moh. Solehuddin, dan Nanang Abdillah. “Konsep Istiqomah dalam Kitab Riyadh Ash-Sholihin Karya Imam An-Nawawi dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Risda: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (2023): 43–62.

Maslow, Abraham H. Motivation and Personality. Harper & Row Publishers, 1970. https://doi.org/10.1364/wsof.2013.w3.22.

Mujib, Zulfikar, and Suyadi. “Teori Humanistik dan Implikasi dalam Pembelajaran PAI di SMA Sains Alquran Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020): 11–13. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2116.

Mundiasari, Kiki. “Pola Hubungan Antar Manusia Sebagai Insan Pendidikan.” AKTUALITA: Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan 12, no. Desember (2022): 64–80.

Nast, Tri Putra Junaidi, dan Nevi Yarni. “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 2, no. 2 (2019): 270–75. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.483.

Ngarifin Shiddiq, Sri Haryanto. “Humanisme Pendidikan Pesantren.” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 14, no. 1 (2014): 1–15.

Nurbaiti. “Pendidikan Humanistik Islami Melalui Pembelajaran Aplikatif.” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 18, no. 1 (2019): 159–93. https://doi.org/10.15408/kordinat.v18i1.11480.

Saputra, Hasep. “Contextualization of Prophet Muhammad SAW’s Hadith on Humanistic Psychology in Character Building in Indonesia.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 7, no. 1 (2023): 172. https://doi.org/10.29240/alquds.v7i1.6353.

Solichin, Mohammad Muchlis. “Teori Belajar Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan Agama Islam.” ISLAMUNA: Jurnal Studi Islam 5, no. 1 (2018): 1–12. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=ip,shib&db=bth&AN=92948285&site=eds-live&scope=site%0Ahttp://bimpactassessment.net/sites/all/themes/bcorp_impact/pdfs/em_stakeholder_engagement.pdf%0Ahttps://www.glo-bus.com/help/helpFiles/CDJ-Pa.

Suci, Mutiara Nurani, dan Rustam Ibrahim. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Sebagai Upaya Preventif Tindakan Bullying di Boarding School.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2023): 308–22. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v6i2.3176.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung: CV Alfabeta, 2017. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.3.

Sumantri, Budi Agus, and Nurul Ahmad. “Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2019): 1–18.

Umam, Muhammad Khotibul, dan Dailatus Syamsiyah. “Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Desain Pembelajaran Bahasa Arab.” EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 4, no. 2 (2019): 59–82. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-04.

Downloads

Published

2024-12-25