Pelaksanaan Program Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin (P5 dan PPRA) di Madrasah Tsanawiyah Tuban
DOI:
https://doi.org/10.21154/maalim.v5i2.9897Abstract
Penelitian ini akan fokus pada Implementasi Program Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila dan Profil Siswa Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe Tuban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskrptif, yang mempunyai ciri alami (natural setting) sebagai sumber data deskriptif langsung, proses lebih penting dari pada hasil, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dilakukan melalui penanaman nilai-nilai moderasi beragama dan strategi penerapan agama moderat melalui pengembangan program dan Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam mewujudkan Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) dan Profil Siswa Rahmatan lil’alamin (PPRA) di MTs Islamiyah Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban dilakukan melalui Kegiatan kokurikuler, integrasi dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan menitikberatkan pada tiga nilai yaitu nasionalisme, keberagaman dan toleransi melalui transformasi, transinternalisasi dan transaksi nilai. Nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan pada diri siswa adalah nilai-nilai toleransi dan keadilan yang merupakan prinsip yang ditanamkan pada diri siswa.
References
Akhmadi, Agus. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia.” Jurnal Diklat Keagamaan, 2019.
Arif., Muh. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an (Studi QS Luqman: 12-19).” Irfani 11, no. 1 (2015): 14–27. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/347.
Arifin, Zainul. “Nilai Pendidikan Humanis – Religius.” An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial 1, no. 2 (2015): 169–96. http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/7.
Bali, Muhammad Mushfi El Iq, and Nurul Fadilah. “Internalisasi Karakter Religius Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 2019. https://doi.org/10.22373/jm.v9i1.4125.
Burhanuddin, Hamam, Staf Pengajar, Stit Islamiyah, Karya Pembangunan, and Paron Ngawi. “33 Model Pendidikan Islam dengan Pendekatan Humanisme Religius (Studi Kasus Di MTs Attanwir Talun Sumberrejo, Bojonegoro).” Januari-Juni 01, no. 02 (2015): 2406–2775.
“Direktorat KSKK Madrasah. Dirertorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022, Panduan Pengembangan Projekk Penguatann Profill Pelajar Pancasilann Dan Profill Pelajar Rahmatann Lill’alamin, Jakarta: Kemenag RI,” n.d.
Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar, 2019.
Husna, Ulfatul, and Muhammad Thohir. “Religious Moderation as a New Approach to Learning Islamic Religious Education in Schools.” Nadwa, 2020. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.1.5766.
John W Creswell. “Research Design.” SAGE Publications, Inc. 2455 Teller Road Thousand Oaks, California 91320, no. 4 (2014): 342. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Junaedi, Edi. “Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag.” Harmoni, 2019. https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.414.
Kemenag/CN39/SM Network. “Kemenag Kuatkan Moderasi Beragama Melalui Media Sosial - Suaramerdeka.Com Cyber News.” www.suaramerdeka.com, 2019.
Kementerian Agama RI, Moderasi Beragama. “2019, Jakarta: Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI, 15,” n.d.
“PPIM UIN Jakarta, Redam Radikalisme Butuh Pendidikan Keagamaan Inklusif, Uinjkt.Ac.Id, Rabu, 8 November 2017 (Diakses 20 Desember 2022),” n.d.
Putra, Ilham Mirzaya. “Pemahaman Moderasi Beragama Dan Tingkat Toleransi Pada Milenial Muslim Di Perkotaan.” Intizar 29, no. 1 (August 2023): 1–15. https://doi.org/10.19109/intizar.v29i1.13818.
Rahmayuni, Dewi. “Hierarki Pengaruh Isu-Isu Keragaman Agama Dan Moderasi Beragama Pada Media Guo Ji Ri Bao 国际日报 (Studi Kasus Berita Konflik Etnis Uighur Di Xinjiang).” UIN JKT, 2019.
Rijal, Syamsu. “Radikalisme Kaum Muda Islam Terdidik di Makassar.” Al-Qalam, 2017. https://doi.org/10.31969/alq.v23i2.434.
Subkhan, Achmad. “Semangat Moderasi Dalam ‘Watsiiqoh Al-Ikhwah Al-Insaniyah Min Ajli As-Salaam Al-‘Alamy Wa Al-‘Aisy Al-Mustarok.’” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 2019. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.7.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitafi, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Syaparuddin, Syaparuddin, Meldianus Meldianus, and Elihami Elihami. “STRATEGI Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 1 (2020): 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326.