KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIKDI SDIT DARUSSALAM GONTOR
Abstrak
Guru sebagai salah satukomponenpentingyang menentukankeberhasilan proses belajarsiswaharusmampumenciptakansituasi dan kondisibelajar yang menarikyaitumenggunakanmetodepembelajaran yang dapatmerangsangsiswauntuklebihkreatif dan mudahdipahami oleh siswa.Pembelajarantematikmengemasberbagaidisiplinilmudalamsebuahtemadaribeberapamatapelajaransepertimatematika, Bahasa, Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Sehinggadalamsatupembelajaranakanmenghasilkanhasilbelajaraspekkognitif, afektif, maupunpsikomotor.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatankemampuanberpikirdan dayapemahamansiswadenganmenggunakanmetodeMind Mapping.Metodemind mappingdapatmengajaksiswauntukmenggalipotensidirinyauntuklebihmudahmengingatsesuatu. Kreativitasmind mappingdapatmenyelesaikanmasalahdalampembelajaranTematik dan juga mendorongsiswaberpikirsinergis, mempertajamingatan dan melakukanimajinasimelaluiasosiasi.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifanalitis.
Referensi
REFERENSI
Acesta, Arrofa.2020.PengaruhPenerapanMetode Mand Mapping terhadapKemampuanBerfikirKreatifSiswa.Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran.Volume 4. Nomor2.
Anglada.2007. Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. (Online) melaluihttp://www.pace.sdu/ctlt/newsletter. Diakses 17 Februari 2021.
Arikunto. 1998. ProsedurPenelitian: SuatuPendekatan dan Praktek. Jakarta:
RinekaCipta
Beetlestone, Florence. (2012). Creative learning: strategi pembelajaranuntukmelesatkan
kreativitassiswa. Bandung: Nus Media
Buzan, Tony. 2008. BukuPintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.
Doni, Swardarma. 2013. Penerapan Mind Mapping dalamKurikulumPembelajaran.
Jakarta: PT. Elex Media Kompetindo.
Isniatun Munawaroh.2018.PembelajaranTematik Dan Aplikasinya Di Sekolah Dasar (Sd). Surabaya: Forum ilmiyah.
Permendiknas.2017. PerangkatAkreditasi SD/MI. Jakarta: BAN SM.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentangStandar Isi UntukSatuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Jakarta. Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Qondias Dimas, Erna Laurensia, IramaNiftalia. 2016. Pengembangan Media PembelajaranTematikBerbasis Mind Mapping SD KabupatenNgada Flores.Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 5 nomor2.
Sugiyono. (2010). MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Trianto.2010. Prngembangan Model PembelajaranTematik. Jakarta: PT PrestasiPustakarya.
Syahidah, Nuris. 2015. MetodePembelajaran Mind Mapping SebagaiUpayaMengembangkanKreativitasSiswaDalamPembelajaranEkonom .Surabaya:Prosiding Seminar Nasional.
Syam, Natriani dan Ramlah. 2015.Penerapan Model Mind Mapping dalamMeningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IlmuPenetahuanSiswa SDN 54 Kota Parepare.JurnalPublikasiPendidikan.volume 5 Nomor 3.
Yildirm, Zahide. 2007. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Merril Prentice hall.
Zampetakis, Leonidas A and Tsironis, Loukas. (2007). “Creativity development in engineering education: the case of mind mapping”. Journal of Management Development. Vol. 26 No. 4, pp. 370-380.